Jumat, 11 Mei 2018 11:40 WITA

Dibuang Sayang, Manfaatkan Ampas Kopi Jadi Pupuk Tanaman

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Dibuang Sayang, Manfaatkan Ampas Kopi Jadi Pupuk Tanaman

RAKYATKU.COM - Kopi tubruk atau kopi non instan memiliki ampas setelah diolah menjadi minuman. Biasanya ampas kopi ini langsung menuju tempat pembuangan.

Sebaiknya, mulai sekarang manfaatkan ampas kopi untuk tanaman Anda. Ya, ampas kopi ini dapat bermanfaat sebagai pupuk yang ramah lingkungan untuk tanaman. 

Kegiatan yang dikenal dengan zero wasting coffee ini sudah banyak dilakukan di luar negeri, tetapi belum populer di Indonesia. Mungkin karena masih kurangnya sosialisasi dan pengetahuan tentang ini. 
Cukup disayangkan, mengingat begitu banyaknya jumlah ampas kopi di Indonesia ini setiap harinya.

Cara nya pun cukup mudah. Yakni hanya dengan masukkan ampas kopi bersama pupuk organik dan benamkan ke dalam tanaman. Sebagai catatan, khusus untuk tanaman anggrek dan kaktus, ampas kopi ini tidak disarankan.

Ampas kopi ini kaya akan mineral, mengadung kandungan nitrogen tinggi yang berguna untuk kesehatan tanah dengan tingkat keasaman yang rendah, sehingga aman dikonsumsi tanaman. Ampas kopi juga mengandung senyawa fosfor, potasium, magnesium, dan sedikit tembaga. 

Selain itu, ampas kopi ini bisa sebagai pestisida alami. Sebab, ampas kopi menghalangi masuknya siput ke dalam area tanaman kita. Selain itu, semut pun akan terkontrol. Artinya Anda tidak perlu lagi membeli pestisida yang berbahan dasar kimia jika dengan ampas kopi hal ini sudah terbantu.

Tags