Rabu, 16 Mei 2018 16:51 WITA

Tips Memilih Lemari Agar Tak "Makan Tempat"

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Tips Memilih Lemari Agar Tak
Ilustrasi.Int.

RAKYATKU.COM - Keberadaan lemari termasuk penting dalam sebuah hunian, karena digunakan sebagai tempat penyimpanan, baik baju maupun hal lainnya.

Namun, terkadang keberadaan lemari justru sangat memakan tempat, dan membuat ruangan terasa sempit. 

Untuk itu, berikut beberapa tips memilih lemari agar tidak terlalu makan tempat, yang dikutip dari Kompas:

1. Sesuaikan ukuran
Ukuran lemari pakaian dengan kapasitas ruangan atau kamar tidur harus pas. Ini diperlukan agar kehadiran lemari tidak membuat sesak dan mengganggu aktivitas lalu lalang di ruangan.

Maka dari itu, untuk mendapatkan kesan luas, pilih bentuk lemari yang ramping dan tinggi. Model tersebut memang tampak sederhana, tapi bisa menimbulkan kesan elegan, fungsional, dan menyatu dengan perabotan kamar tidur lain.    

2. Pilihan material atau bahan
Agar bisa dipakai lama, pilih lemari dengan bahan dasar yang kuat, dan kriteria itu ada pada kayu. Namun, pastikan mutu kayu lemari yang dipilih berkualitas nomor satu. Biasanya mutu seperti itu ada pada kayu jati berusia tua.   

Tak hanya itu. Pemilihan lemari berbahan kayu juga akan menambah nilai estetika karena terlihat cantik dan adem di mata. Agar lebih fungsional, sebaiknya pilih lemari kayu dengan cermin di bagian pintu depannya sehingga bisa berfungsi sebagai lemari atau meja rias.    

3. Menentukan desain
Agar enak dipandang, pastikan desain lemari pakaian yang dipilih cocok dengan isi kamar dan sesuai dengan kebutuhan.

Artinya, lemari pilihan tersebut cocok untuk memuat pakaian dan barang kebutuhan lain serta serasi dengan kamar Anda.     

Adapun untuk mengatasi ruangan yang kecil, sebaiknya pilih model lemari dengan pintu geser. Lemari dengan model seperti ini tidak akan membuat ruangan kamar menjadi sempit karena lemari terasa seperti bagian dari kamar.    

4. Warna
Pertimbangan memilih warna dalam membeli lemari menjadi penting karena dapat memengaruhi estetika dalam kamar. Usahakan pilih lemari yang warnanya cocok dengan desain kamar tidur. 

Bukan cuma itu. Sebisa mungkin, warna lemari juga diserasikan dengan berbagai perabotan lain di kamar.   Mungkin Anda bisa memilih warna-warna netral, seperti putih, hitam, abu-abu, kuning gading, atau coklat. Pasalnya, seperti itu aman disandingkan dengan warna lain.   

5. Bisa dibongkar pasang
Untuk menghindari lemari tak muat ketika ingin dimasukkan ke kamar, pilihlah lemari pakaian jenis knock down atau yang bisa dibongkar pasang.   

Saat ini banyak model lemari kayu yang bisa dibongkar pasang. Dengan begitu, Anda tidak perlu membeli lemari pakaian yang kecil dan pendek karena kapasitas muatnya sedikit.