Kamis, 23 Juni 2016 14:08 WITA

Relaksasi LTV, BAD: Semester Dua Bisa Dimaksimalkan

Editor: Andi Chaerul Fadli
Relaksasi LTV, BAD: Semester Dua Bisa Dimaksimalkan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pelonggaran rasio nilai kredit terhadap agunan atau loan to value (LTV) yang baru-baru ini dirilis Bank Indonesia (BI) disambut baik pengembang. Relaksasi ini akan lebih berpengaruh terhadap pengembang perumahan segmen kelas menengah atas.

Tak terkecuali PT Baruga Asrinusa Development (BAD) yang berharap bisa menggenjot penjualannya di semester kedua (Juli-Desember) tahun ini. 

"Semester dua bisa dimaksimalkan," ujar Manager Promotion PT BAD, Andi Tenri Pawelli kepada Rakyatku.com, Kamis (23/6/2016).

Untuk itu, kata dia, aturan itu bisa segera diterapkan ke perbankan yang menyediakan kredit pemilikan rumah (KPR). Dengan begitu, upaya untuk menggenjot pasar di paruh kedua tahun ini bisa disiapkan.

"Saat ini kan aturannya belum sampai ke bank. Setahu saya masih di tataran BI. Kami berharap agar segera di implementasikan di bank-bank yang menyediakan KPR," jelasnya.

Bank Indonesia memberi pelonggaran LTV bagi rumah tapak di atas tipe 70 dari 80 persen menjadi 85 persen. Ini berlaku untuk pemilikan rumah pertama. 

Untuk rumah ke dua dan ke tiga di atas tipe 70, LTV masing-masing menjadi 80 persen dan 75 persen dari sebelumnya 70 persen dan 60 persen.

Berita Terkait