Sabtu, 02 Juni 2018 13:13 WITA

Lima Kesalahan yang Biasa Dilakukan Saat Mendekorasi Ruangan

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Lima Kesalahan yang Biasa Dilakukan Saat Mendekorasi Ruangan

RAKYATKU.COM - Mendekorasi ruangan pada hunian pada dasarnya untuk menciptakan atmosfer yang indah. Namun dalam melakukan dekorasi, tak jarang seseorang melakukan kesalahan.

Sehingga terkadang Anda mendapati ada salah satu sudut rumah yang dirasa kurang pas. Berikut lima kesalahan dekorasi yang sering dilakukan tanpa disadari, yang dikutip dari Kompas;

1. Berpikir segalanya harus cocok 
Mulai dari gorden, karpet, seprai, bahkan hingga bantal, Anda berpikir bahwa hal-hal tersebut harus memiliki warna senada. Namun sebenarnya, warna senada sebenarnya memiliki kesan kaku. Cobalah untuk tidak hanya berpikir apa yang cocok, tetapi juga apa yang benar-benar pas. Mencampur warna bukanlah hal yang menakutkan. Justru Anda bisa mendapatkan sesuatu yang tidak terduga dengan pencampuran warna. 

2. Hanya fokus pada warna, bukan tekstur 
Tekstur merupakan salah satu elemen dekorasi yang sering kali diabaikan. Padahal, menambah satu atau dua tekstur, seperti karpet, selimut tebal atau furnitur, bisa membuat ruangan terlihat lebih menarik. 

3. Kurang perhatikan ukuran 
Barang kali ini adalah salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan orang-orang dalam mendekorasi ruangan. Berpikir tentang proporsi mengharuskan Anda untuk melihat lebih detail tentang bagaimana benda satu saling terkait dengan benda lain. Misalnya, memajang lukisan yang memiliki lebar dua pertiga lebih kecil dari benda di bawahnya, seperti kasur atau sofa, justru merupakan ukuran yang tepat. Namun, ketika Anda memiliki pernak-pernik kecil yang dipajang di atas meja dalam jumlah cukup banyak, hal itu justru membuat ruangan terkesan berantakan. 

4. Terlalu mengisi penuh 
Godaan utama ketika kita mulai mendekorasi sebuah ruangan sempit yaitu Anda ingin memasukkan semua barang yang dimiliki. Mulai dari meja, kursi, bahkan sepatu. Tak jarang agar terlihat sedikit tertata rapi, Anda menyusunnya sedemikian rupa dengan memanfaatkan ruang-ruang yang ada. Namun, alih-alih berharap demikian, Anda justru akan mendapati sebuah ruangan yang penuh sesak. 

5. Tidak melihat gambaran besar 
Mendekorasi sebuah ruangan yang memiliki fungsi ganda, tentunya merupakan sebuah hal yang sulit. Anda perlu melihat gambaran besar dari ruangan yang hendak didekorasi. Misalnya, apa yang dibutuhkan ruangan ini. Mungkin, untuk mengimbangi elemen berat yang ada, Anda perlu menambahkan dekorasi ringan. Untuk mengatasi kesalahan dalam dekorasi, cobalah untuk membingkai ruangan tersebut dalam sebuah foto. Nantinya, Anda akan menemukan kekurangan yang diperlukan guna melengkapi dekorasi yang dibutuhkan.