Rabu, 06 Juni 2018 15:03 WITA

6 Poin Penting Dalam Menata Interior Rumah

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
6 Poin Penting Dalam Menata Interior Rumah

RAKYATKU.COM - Mendesain dan menata interior rumah bukanlah hal mudah. Mungkin banyak perabot, aksesori, dan furnitur ruang yang tampak cantik saat terpampang di etalase toko atau katalog belanja, tapi saat diboyong ke rumah ternyata hasilnya malah biasa-biasa saja.

Hal ini karena dalam menata interior ruangan, dibutuhkan perpaduan yang pas, agar sesuai dengan harapan. Untuk itu, sebelum mendesain dan menata interior rumah, berikut 6 hal yang perlu diperhatikan, seperti yang dikutip dari Rumah.com;

1. Gunakan tekstur yang berbeda 
Untuk menambah daya tarik ruangan, Anda dapat memadukan tekstur dari perabotan dan furnitur yang digunakan, seperti halus, kasar, mengkilap, ataupun pudar. 

2. Pilih hiasan
Jangan asal mendekorasi ruangan, tetapi pilihlah hiasan yang dapat menegaskan tema dan warna ruangan Anda.

3. Jangan memilih warna cat di toko
Dalam memilih cat untuk dinding, pertimbangkan pula pengaruh perubahan cahaya dari waktu ke waktu dalam sehari. Warna-warna tertentu mungkin terlihat bagus di pagi hari, tapi tak elok di sore hari.

4. Jangan memilih karya seni berukuran kecil
Jangan memilih karya seni ataupun cermin berukuran kecil, karena akan tenggelam oleh ruang kosong. Anda bisa menyiasatinya dengan cermin berukuran besar atau dengan memajang karya seni berukuran kecil dalam jumlah yang banyak seperti membuat galeri dinding.

5. Jangan menumpuk hiasan di satu tempat
Sebaiknya menghindari menumpuk atau terlalu banyak menaruh hiasan di satu tempat. Karena dengan terlalu banyak furnitur, perabot, atau aksesori dalam satu ruangan dapat membuat ruangan terasa sesak.

6. Bermainlah dengan tren
Gunakanlah hiasan yang mudah diganti, agar Anda dapat merubah hiasan ruangan sewaktu-waktu dengan menyesuaikan tren yang ada.