Rabu, 13 Juni 2018 08:05 WITA

Tips Rumah Aman Saat Mudik Lebaran

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Tips Rumah Aman Saat Mudik Lebaran

RAKYATKU.COM - Saat mudik lebaran rumah akan kosong dalam waktu yang cukup lama. Untuk itu, sebelum meninggalkan rumah, pastikan rumah Anda siap ditinggalkan.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum meninggalkan rumah untuk mudik, seperti yang dilansir dari Rumah.com:

1. Kunci pintu dan jendela
Sebelum meninggalkan rumah pastikan Anda telah mengunci pintu dan jendela secara seksama.

2. Nyalakan lampu
Ini penting untuk memunculkan kesan bahwa rumah Anda tidak kosong/berpenghuni. Sehingga meminimalkan niat buruk pihak lain. Sebisa mungkin gunakan lampu sensor yang akan otomatis menyala di malam hari, dan padam di siang hari.

3. Gunakan pengaman secara sosial maupun elektronik
Laporkan kepergian Anda kepada ketua RT/RW dan informasikan nomor telepon yang bisa dihubungi dalam keadaan darurat. Anda juga bisa menitipkan keamanan rumah pada tetangga maupun satpam yang tidak mudik. Alternatif lain, Anda bisa menggunakan CCTV ataupun alarm.

4. Cabut semua peralatan listrik dan perabot rumah tangga
Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, sekaligus menghemat listrik, pastikan mencabut colokan dan peralatan listrik, mencabut selang gas, mematikan kompor, dan mematikan pompa air.

5. Titipkan dokumen dan barang berharga di tempat aman
Untuk dokumen berharga keluarga Anda bisa menyimpannya di tempat aman di rumah. Namun, untuk barang berharga lainnya, sebaiknya anda menggunakan jasa Safe Deposit Box bank, atau di pegadaian.