Senin, 18 Juni 2018 19:17 WITA

Ingin Beli Rumah Seken, Perhatikan Hal Ini

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Ingin Beli Rumah Seken, Perhatikan Hal Ini

RAKYATKU.COM - Dalam membeli rumah seken, perlu ketelitian lebih, dibandingkan membeli ruamh baru. Anda harus cermat melihat kondisi fisik rumah secara keseluruhan.

Disamping itu, jangan mudah percaya dengan bahasa promosi, ataupun pendapat orang lain. Sebaiknya Anda melihat langsung keadaan rumah dan melakukan pengecekan sendiri, sebelum mengambil keputusan.

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli rumah seken. Berikut penjelasannya yang dikutip dari Rumah.com;

1. Periksa Kondisi Rumah
Jangan mudah terbuai dengan tampilan luar rumah atau kata-kata manis si penjual rumah. Anda harus cermat memeriksa kondisi rumah, seperti kekuatan struktur bangunan, kondisi atap, dinding, pintu, jendela, lantai, sumber air, dan saluran pembuangan air. Anda bisa mengajak teman yang mengerti kelayakan bangunana saat melakukan pengecekkan.

2. Pertimbangkan lokasi
Perhatikan jangkauan transportasi dari lokasi rumah yang akan Anda beli dengan tempat kerja atau usaha. Pertimbangkan titik kemacetan di sekitarnya. Jika memungkinkan, lihat juga lokasi rumah untuk mempertimbangkan waktu dan jarak tempuhnya.

3. Cek Kelengkapan Surat-surat
Surat-surat yang perlu Anda cek, berupa Sertifikat HGB/Hak milik, jangan lupa lihat jangka waktu berlaku sertifikat. Kemudian cocokkan nomor rumah dengan nomor yang ada di sertifikat.

Surat lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah IMB rumah. PBB rumah tersebut, terutama untuk tahun berjalan. Dan terakhir gambar rumah atau Block Plan.

4. Periksa Harga
bandingkan dengan harga properti yang dijual di sekitar rumah yang diincar. Cari tahu harga du kantor broker properti terdekat.

Harga yang ditawarkan penjual sudah termasuk apa saja? Sebelum membayar tanda jadi, harus diketahui pajak (PPh atau BPHTB), biaya surat-surat (pengalihan Hak/PPAT/AJB) menjadi beban siapa. Serta perhatikan pula kejelasan perjanjian jual-beli.