Selasa, 19 Juni 2018 14:37 WITA

Cara Mudah Hilangkan Karat di Peralatan Dapur

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Cara Mudah Hilangkan Karat di Peralatan Dapur
Ilustrasi. Int.

RAKYATKU.COM - Karat pada peralatan dapur, tentunya merusak pemandangan. Hal ini sebaiknya segara diatasi, agar tidak merusak peralatan dapur Anda.

Namun, untuk menghilangkan karat tersebut, biasanya Anda harus menggunakan tenaga ekstra. Simak beberapa tips berikut, cara mudah menghilangkan karat, yang dikutip dari Tips Rumah;

1. Menggunakan Minyak Tanah dan Abu Gosok
Rendam peralatan dapur di dalam minyak tanah selama kurang lebih dua jam. Setelah 2 jam, gosok peralatan dapur tersebut dengan sabut kepala yang dibubuhi abu gosok. Setelah karat hilang, cuci kembali dengan sabun sampai bau minyak tanah benar-benar hilang.

2. Menggunakan Asam Sitrat
Rendam peralatan dapur di dalam asam sitrat selama kurang lebih 2-4 jam. Anda juga bisa membersihkan karat pada kompor Anda, terutama di bagian burner (bagian nyala api) yang terbuat dari logam. Larutkan satu sendok makan asam sitrat ke dalam satu gelas air panas (sekitar 100ml), lalu rendam burner di dalam larutan selama 2-4 jam. 

Setelah itu, sikat dengan sikat gigi bekas atau sikat halus lainnya sampai warna asli burner muncul. Lalu bilas dengan air bersih dan keringkan segera.