Minggu, 15 Juli 2018 10:35 WITA

Tips Menyiram Tanaman Saat Anda Bepergian

Editor: Suriawati
Tips Menyiram Tanaman Saat Anda Bepergian
INT

RAKYATKU.COM - Menyiram tanaman merupakan hal rutin yang harus dilakukan untuk memastikan mereka tetap tumbuh subuh. Tapi bagaimana jika Anda pergi berlibur, haruskah meninggalkan tanaman Anda layu?

Jangan khawatir, Anda bisa mencoba metode berikut ini, untuk tetap bisa memastikan tanaman Anda mendapatkan cukup air, saat Anda pergi. Tips ini juga bagus untuk tukang kebun yang lalai.

Sekedar catatan: Cara ini hanya untuk tanaman yang membutuhkan penyiraman setiap hari, seperti jamu, sayuran, dan beberapa tanaman rumahan.

Metode pertama
Untuk cara ini, Anda memerlukan wadah air besar, seperti ember dan beberapa tali kapas. Langkah pertama potong seutas tali kapas yang cukup panjang agar bisa mencapai bagian bawah wadah air dan ke dalam tanah tanaman.

Ambil satu ujung tali dan masukkan beberapa inci ke bawah permukaan tanah, dekat dengan tanaman. Berhati-hatilah agar tidak mengganggu akar tanaman.

Sementara ujung tali yang lain ditempatkan di dasar wadah yang sudah dipenuhi dengan air. Pastikan tali menyentuh bagian bawah wadah Anda. Tali kapas perlahan-lahan akan mengambil air dari wadah ke tanaman, dan menjaga tingkat kelembaban konstan di dalam tanah.

Metode kedua
Siapkan botol plastik yang bersih dan kosong. Buat beberapa lubang ke dalam botol di bagian atasnya.

Tips Menyiram Tanaman Saat Anda BepergianSebelum Anda pergi berlibur, sirami tanaman Anda seperti biasa. Isi botol plastik dengan air, lalu balik dan tancapkan ke dalam tanah di pot tanaman Anda. Pastikan botol tidak terlalu dekat dengan tanaman Anda dan botolnya cukup dalam sehingga tanah menutupi lubang. Air perlahan-lahan akan merembes keluar dari botol saat tanah mengering.

Metode ketiga
Siapkan kantong plastik bening yang cukup besar untuk menutupi tanaman Anda dan potnya. Tancapkan tongkat ke pot untuk mencegah plastik menempel ke tanaman.

Siram tanaman Anda seperti biasa. Masukkan tanaman ke dalam kantogn plastik, tarik ke atas dan tiupkan sedikit udara sebelum Anda mengikatnya. Itu akan terlihat seperti balon yang menyelimuti tanaman Anda.

Jauhkan tanaman Anda dari paparan sinar matahari langsung. Ini untuk mencegah kantong plastik panas dan membunuh tanaman Anda. Rumah kaca mini ini akan menangkap air saat menguap dan menetes kembali ke tanaman.