Sabtu, 21 Juli 2018 14:58 WITA

Cara Merawat Peralatan Perak Tetap Menawan

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Cara Merawat Peralatan Perak Tetap Menawan
Ilustrasi. Int.

RAKYATKU.COM - Bagi Anda penggemar peralatan ataupun aksesoris perak, tentunya ingin agar peralatan tersebut awet dan tetap terlihat menawan.

Kilaunya yang cantik dan menawan memang membuat perak terlihat elegan. Namun, peralatan yang cukup mahal ini harus dirawat dengan baik agar tetap menawan dan awet.

Berikut beberapa langkah perawatan perak yang sebaiknya rutin Anda lakukan, seperti yang dirangkum dari Tips Rumah:

1.  Cuci peralatan menggunakan sabun dan air hangat
Cucilah segera peralatan makan perak setelah digunakan dengan menggunakan sabun cuci piring dengan air hangat.

Air hangat ini akan membantu mempercepat hilangnya noda dan sekaligus merawat logam. Jangan biarkan peralatan makan terlalu lama tidak dicuci, karena noda sedikit banyak akan membekas jika sering seperti itu.

2. Jangan merendam terlalu lama
Jika akan merendamnya, misalnya karena ada banyak makanan yang berlemak atau minyak, maka jangan merendamnya terlalu lama.

Hal ini terutama jika sabun cuci piring memiliki kadar soda yang tinggi. Kadar soda yang tinggi akan membuat kilau perak pudar.

3. Gunakan Silver Polish
Lakukan perawatan rutin setiap satu tahun sekali dengan menggunakan silver polish. Caranya, dengan menggosok peralatan dengan kain katun halus yang sudah dibasahi cairan silver polish.

Ingat, gantilah kain katun dengan kain katun yang baru setiap kali kotor, karena artinya kotoran telah terangkat dan jangan menggunakan kain katun kotor tersebut lagi.

4. Gosok karat dengan penghilang noda khusus
Jika peralatan atau aksesoris terlanjur berkarat, gosoklah dengan menggunakan penghilang noda khusus untuk logam berkarat. Gosok secara perlahan dan tuangkan cairannya sedikit demi sedikit sampai noda menghilang.

Demikian beberapa tips untuk merawat pelatan perak Anda di rumah. Selamat mencoba!