Kamis, 09 Agustus 2018 04:30 WITA

Ingin Kamar Tidur di Rumah Senyaman Hotel, Coba Lakukan Ini

Editor: Abu Asyraf
Ingin Kamar Tidur di Rumah Senyaman Hotel, Coba Lakukan Ini
Salah satu desain kamar hotel

RAKYATKU.COM - Mungkin ada yang penasaran, mengapa kamar hotel terasa jauh lebih nyaman dan lebih mewah dibandingkan kamar tidur di rumah. Ternyata, kenyamanan itu bisa Anda bawa ke rumah. Apa rahasianya?

Dikutip dari Rumah.com, Wakil Presiden Design Hotel Westin and Sheraton Erin Hoover mengatakan, unsur putih pada kasur, seprai, dan selimut, menciptakan efek tersendiri yakni menjadi pusat perhatian yang sempurna dalam kamar.

Itu sebabnya, warna putih sangat lekat dengan kamar hotel, dan secara tak sadar langsung diasosiasikan dengan kemewahan dan kenyamanan. Selain dari warna, hotel juga menerapkan standar dalam penataan dan tingkat kebersihan, sehingga kualitasnya terjaga.

Manajemen hotel juga punya standar dalam memilih bahan seprai untuk tempat tidur. Standar setiap hotel berbeda, tergantung bintangnya. Berikut bahan-bahan yang biasa digunakan hotel sehingga terasa lebih mewah:

Bahan Dobi

Karakter bahan dobi hampir sama dengan katun. Terbuat dari campuran serat katun dan polyester. Ciri utama kain ini terlihat pada permukaannya yang memiliki tekstur yang berbentuk kotak-kotak, garis, atau bentuk abstrak.

Biasanya bahan ini dipakai oleh hotel-hotel bintang 4 atau 5. Seprai atau sarung bantal yang terbuat dari bahan ini memiliki kelebihan antara lain, tebal, lembut, dan dingin.

Karena keunggulannya, harga bahan dobi juga terbilang tinggi dibandingkan bahan-bahan lainnya. Bahan untuk seprai tempat tidur berukuran 120cm (single bed) berkisar Rp270 ribu. Sedangkan untuk ukuran 160-180cm (double bed) dibanderol seharga Rp350 ribu.

Bahan Kahatex

Bahan selanjutnya yang sering digunakan oleh tempat tidur di hotel adalah Kahatex. Bahan Kahatex biasanya digunakan untuk membuat seragam olahraga sekolah.

Bahan ini tidak bisa menyerap keringat secara sempurna dan permukaanya kurang lembut. Meski begitu, jenis kain ini memiliki sejumlah kelebihan antara lain tidak mudah kusut, lebih tahan lama, dan tebal.

Harga yang dibanderol untuk ukuran single bed, berkisar Rp90 ribu. Sedangkan untuk ukuran double bed berkisar Rp125 ribu. Seprai dan sarung bantal dengan bahan kahatex biasanya diterapkan oleh hotel kelas bintang 1 dan 2.

Ingin Kamar Tidur di Rumah Senyaman Hotel, Coba Lakukan Ini

Bahan 100% Katun

Bahan 100% katun ini cukup halus namun tidak sehalus bahan dobi. Bahan ini sebenarnya cukup familiar dan kerap digunakan untuk tempat tidur di rumah. Bahannya yang dingin dan nyaman di kulit ini kerap dipadu padankan menggunakan bahan kahatex.

Bahan ini biasanya digunakan oleh hotel bintang 3. Harga untuk bahan 100% katun berkisar Rp125 ribu (untuk tipe single bed) dan Rp160 ribu (tipe double bed).

Semua jenis seprai dan sarung bantal sebaiknya jangan disikat. Perlakuan yang tepat adalah dengan cara dikucek tangan dengan lembut dan direndam menggunakan cairan pemutih.

Rata-rata warna sprei dan sarung bantal bergaya hotel adalah putih, untuk itu cairan pemutih menjadi sangat penting dalam membersihkannya.

Jika bahan-bahan dan cara membersihkan sudah Anda kuasai, tinggal meniru beberapa desain seperti dikutip dari Homify.co.id berikut ini:

1. Suite mewah

Kamar tidur ini kental dengan atmosfer bersih dan menenangkan. Tempat tidur sebaiknya berada dalam kondisi sempurna dan menjadi lambang kenyamanan dan relaksasi. 

Langkah pertama untuk mengubah kamar tidur Anda menjadi kamar hotel adalah dengan memodifikasi dinding. Warna netral adalah pilihan tepat. Demikian juga detil seperti cermin dan pencahayaan akan meninggalkan kesan mewah sebagai sentuhan akhir. Pantulan cahaya lampu pada cermin membuat kamar hotel pribadi Anda lebih terang dan lapang bagaikan suite mewah. 

2. Nyaman di segala cuaca

Kamar hotel biasanya didesain sesuai dengan iklim di lokasi. Kamar hotel telah dilengkapi dengan berbagai perangkat dari tekstil agar kenyamanan tamu terjamin di segala cuaca. 

Misalnya, hotel di tepi pantai akan menggunakan kelambu berbahan lembut dan seprei berbahan katun agar suasana kamar tetap sejuk dan privasi tamu tetap terjaga. Sedangkan kamar hotel di pegunungan akan dilengkapi dengan selimut tebal serta selimut dan bantal tambahan, agar tamu bisa tidur nyenyak tanpa kedinginan. 

Oleh karena itu, sesuaikan bahan kelambu, seprei, sarung bantal guling dan selimut dengan cuaca di tempat tinggal Anda. Gunakan kelambu, karpet dan tekstil untuk menciptakan atmosfer nyaman. 

3. Kamar tidur romantis

Kamar tidur romantis bukan hanya milik pasangan yang tengah berbulan madu. istilah ini juga ditujukan bagi sebuah tempat di mana Anda bisa menikmati saat-saat terbaik seorang diri. Agar Anda merasa nyaman di tengah kesendirian, tata cahaya memiliki peranan penting. 

Jika Anda menyukai suasana tenang, cahaya kekuningan dan menyebar adalah ide sempurna untuk menyamankan diri sendiri. Kamar tidur pecinta kebebasan dan petualangan sebaiknya diterangi cahaya putih, agar Anda semakin bebas untuk bermimpi. 

4. Tempat tidur terbaik

Hal pertama yang kita lakukan saat masuk ke kamar hotel adalah memeriksa empuk atau tidakkah tempat tidurnya. Sepulang liburan kita tidak bisa tidur nyenyak karena tempat tidur kita tak seempuk tempat tidur kamar hotel. 

Jangan ragu mengganti kasur lama jika Anda merasa tidak nyaman tidur di atasnya. Segera beli kasur baru yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ingat, kualitas kasur bisa mempengaruhi kesehatan, kualitas tidur, dan kesehatan pikiran kita. 

5. Aksesori ekstra

Meski fungsi utama kamar tidur adalah sebagai tempat beristirahat, ruangan ini juga menjadi tempat bagi hal lainnya. Kita menghabiskan waktu berjam-jam di kamar tidur untuk berbincang dengan pasangan, merencanakan liburan berikutnya, membicarakan hal-hal penting, atau sekedar menonton film bersama. Kamar hotel memang dirancang untuk itu. 

Penting kiranya untuk menyesuaikan kamar tidur dengan fungsi lain. Tambahkan sepasang kursi berlengan untuk bercakap-cakap di sore hari, bantal tambahan untuk berbaring sambil menonton televisi, atau minibar plus minuman dingin. 

6. Dekorasi menarik

Dekorasi kamar hotel biasanya mengandung nilai artistik tinggi, baik desain furnitur maupun hiasan dinding. Ini membuat suasana kamar hotel terkesan modern, eksklusif dan unik. 

Kita bisa menghadirkan nuansa yang sama di rumah dengan memasang satu lukisan besar, atau beberapa lukisan kecil. Anda bisa memilih lukisan karya seniman lokal, atau replika lukisan karya seniman terkenal. Cobalah dan rasakan bedanya! 

7. Penuh warna

Bahkan hotel untuk para pebisnis dirancang unik dan spesial. Ada perpaduan warna memikat yang membuat kamar hotel berhasil mencuri hati Anda. 

Jika ingin kamar tidur Anda tampil seperti suite kelas satu, gunakan warna netral dengan detil warna gelap. Misalnya, padukan warna putih atau beige dengan warna hitam atau merah tua. Kalau Anda menghendaki kamar yang penuh energi, ganti warna gelap dengan warna cerah. 

8. Sesuatu yang berbeda

Salah satu hal terbaik saat menginap di hotel adalah, kita dapat menikmati sesuatu yang berbeda. Sesuatu yang bisa membuat kita melupakan rutinitas dan kesibukan sehari-hari. 

Jadi, bagaimana kalau Anda menghadirkan sesuatu yang berbeda di rumah? Carilah pernak-pernik menarik agar suasana kamar tidur bisa membuat Anda sejenak melupakan kehidupan sehari-hari. 

9. Panorama

Panorama sekitar adalah salah satu faktor yang mempengaruhi tarif kamar hotel. Saat mengunjungi pantai, pegunungan, atau kota, kita memilih kamar hotel dengan balkon agar bisa menikmati pemandangan sekitar. 

Tak perlu berkecil hati jika kamar tidur Anda tidak memiliki balkon. Anda bisa mengatasi hal ini dengan menambahkan tanaman hias di sekitar jendela. Atau bisa juga dengan menata ulang taman di luar jendela kamar tidur, agar Anda punya sesuatu yang menarik untuk dilihat saat membuka jendela di awal hari. 

10. Tampilan sempurna

Tampilan kamar tidur cenderung ditentukan oleh penampakan tempat tidur dan bed cover yang digunakan. Di hotel, inilah hal yang selalu dinilai oleh para tamu. Itulah sebabnya kamar tidur harus selalu rapi dan bersih, sesibuk apapun kita. Selalu rapikan tempat tidur begitu Anda bangun. Cucilah seprei dan sarung bantal guling secara teratur. Tambahkan bantal-bantal kecil agar kamar tidur menjadi tempat paling nyaman di rumah Anda.