11 July 2016 12:42 WITA

Cara Menanam Sayuran di Balkon

Editor: Suriawati
Cara Menanam Sayuran di Balkon

RAKYATKU.COM - Balkon bisa dimanfaatkan untuk menanam sayuran. Tapi karena kondisi cuaca dan suhu di area ini, ada beberapa hal yang harus diperhatiakan. 

Hal pertama yang harus dipertimbangkan ketika ingin menanam tanaman di balkon adalah, kondisi yang berangin. Hal ini akan menjadikan tanaman mengering dengan cepat, dan dapat mempengaruhi produktivitas mereka.

Untuk itu, kita harus memilih pot yang tepat. Hindari menggunakan pot terakota karena ini akan cepat kering dalam kondisi berangin. Tapi, jika Anda ingin menggunakannya, masukkan plastik pada bagian dalam pot (kantong kompos adalah pilihan paling tepat). 

Selanjutnya, jangan menanam tanaman dalam pot kecil, karena ini akan membutuhkan penyiraman yang lebih intens, dan pada akhirnya mengurangi jangka hidup tanaman. 

Untuk pilihan tanaman, Anda bisa memilih yang memiliki buah kecil, seperi cabe dan tomat. Selain itu, keduanya juga sangat ideal untuk balkon panas. 

Jika Anda memiliki dinding yang cocok untuk menggantung keranjang, coba gantung pot yang berisi tanaman tomat. 

Sebagai tambahan, hindari menanam selada, karena tumubuhan ini tidak menyukai sinar matahari full dan angin. Jika Anda menenamnya dalam kondisi seperti itu, maka daunnya akan pahit.