Senin, 19 November 2018 09:57 WITA

Cuma 3 Hari, Robot Ini Selesaikan Rumah 3 Kamar

Editor: Andi Chaerul Fadli
Cuma 3 Hari, Robot Ini Selesaikan Rumah 3 Kamar

RAKYATKU.COM - Sebuah robot di Australia berhasil menyusun bata hingga membuat sebuah rumah hanya dalam waktu tiga hari. Bangunan itu seluas 180 meter persegi dengan tiga kamar dan dua kamar mandi.

Robot yang dinamai Hadrian X itu diciptakan FBR Limited. Robot itu mengerjakan rumah tiga kamar di sebuah lokasi yang dirahasiakan di Perth.

CEO FBR Limiter, Mike Pivac menyebut, pencapaian itu sebagai lompatan besar bagi industri konstruksi. "Kami semua bangga dan bangga telah mencapai tonggak pertama dunia ini untuk FBR," katanya, dikutip dari Business Insider, Senin (19/11/2018).

“Kami sekarang memiliki satu-satunya solusi bata sepenuhnya otomatis, menyeluruh, dengan pasar besar yang menunggunya.”

Perusahaan ini sekarang bekerja untuk mengkomersilkan robot tersebut.

FBR dan raksasa konstruksi mesin yang berbasis di AS Caterpillar Inc pada Juli tahun ini. Keduanya memperluas kolaborasi pengembangan robot bata itu.

Kesepakatan itu memperpanjang jangka waktu Memorandum of Understanding yang ditandatangani 12 bulan lalu. Caterpillar, melalui anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki, kemudian menginvestasikan $ AS2 juta dalam Fastbrick Robotics.

Caterpillar kini memiliki opsi untuk membeli $ US10 juta dalam bentuk saham dengan harga $ 0,24 hingga akhir Januari 2019.