Jumat, 23 November 2018 12:37 WITA

Cegah Lemari Lembap dan Berjamur di Musim Hujan

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Cegah Lemari Lembap dan Berjamur di Musim Hujan

RAKYATKU.COM - Memasuki musim hujan, udara akan menjadi lembab. Kondisi ini kerap membuat firniture rumah dan barang-barang yang sensitif terhadap kadar uap air di sekitarnya menjadi berjamur. 

Diantaranya barang-barang berbahan kulit seperti tas atau sepatu dan juga buku kerap berjamur. Termasuk Lemari yang biasanya terbuat dari kayu.

Lemari yang tertutup rapat bisa jadi menyimpan kelembaban yang menyebabkan buku-buku yang kita letakkan di dalamnya menjadi berjamur. Untuk mencegah hal ini terjadi, taburkan kapur di dalam lemari buku. 

Kapur ini dimaksudkan untuk mengikat uap air yang terkurung di dalam lemari. Selain kapur, Anda juga bisa mencoba meletakkan arang di dalam lemari. Arang memiliki sifat yang sama dengan kapur yaitu menyerap kelembaban.

Sementara untuk menghilangkan jamur dari bahan kulit yang sudah terlanjur melekat, seperti pada tas atau ikat pinggang, oleskan petroleum jelly atau vaseline ke permukaan barang-barang dari bahan kulit ini lalu diamkan selama 5 jam. Setelah itu gosoklah dengan lap kering yang bersih sampai jamur yang lengket tersebut hilang.