Senin, 18 Juli 2016 08:15 WITA

Atasi Backlog 300 Ribu Unit, Pemprov Sulsel Andalkan Program 1 Juta Rumah

Editor: Andi Chaerul Fadli
Atasi Backlog 300 Ribu Unit, Pemprov Sulsel Andalkan Program 1 Juta Rumah
ilustrasi.(int)

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan masih mengandalkan program pembangunan satu juta rumah yang dirintis pemerintah pusat. 

Program itu diyakini bisa mengatasi backlog perumahan di Sulsel yang mencapai 250 ribu-300 ribu unit per tahunnya. Backlog perumahan merupakan kesenjangan antara jumlah rumah tersedia dan jumlah kebutuhan masyarakat.

"Kan ada program 1 juta rumah. Program ini di arahkan kepada masyarakat yang berpenghasilan rendah (MBR). Salah satu keunggulannya, yakni pengurangan uang muka, peringanan biaya cicilan, dan sebagainya. Dan ini tersedia tiap tahunnya," ujar Kepala Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Distarkim) Sulsel, Andi Bakti Haruni, Senin (18/7/2016).

Dia mencatat, pemenuhan kebutuhan rumah di Sulsel hanya sampai 7 ribu unit dari target 10-15 ribu unit per tahunnya. Jumlah itu bertambah sekira 15 persen tiap tahun.

Di tahun ini, kata dia, pembangunan rumah di Sulsel mencapai 25 ribu-30 ribu unit. Itupun masih terbilang kurang. "Persediaan rumah kita sangat terbatas. Apalagi harga lahan terus meningkat. Ini salah satu masalah juga," jelasnya.

Dia bilang, meningkatnya permintaan rumah di Sulsel tak lepas dari beberapa faktor. Salah satunya adalah pertumbuhan penduduk. Meski demikian, dia menjelaskan, Pemprov Sulsel terus berupaya menyediakan kebutuhan rumah masyarakat.(adv)