Minggu, 28 April 2019 14:47 WITA

Unik, Biaya Sewa di Perumahan ini Tidak Pernah Naik Dalam 500 Tahun

Editor: Suriawati
Unik, Biaya Sewa di Perumahan ini Tidak Pernah Naik Dalam 500 Tahun
Fuggerei

RAKYATKU.COM - Pada saat biaya sewa rumah terus melambung tinggi, penghuni kompleks perumahan Fuggerei di Jerman hidup tanpa dipengaruhi inflasi.

Fuggerei terletak di pinggiran Augsbur. Para penghuninya hanya membayar sewa $1 per tahun. Tarif itu tidak pernah naik sedikit pun sejak 500 tahun.

Fuggerei didirikan pada tahun 1514 oleh seorang pengusaha kaya bernama Jakob Fugger, sebagai kompleks perumahan sosial bagi orang-orang termiskin di Augsburg.

Keluarga Fugger pindah ke kota Jerman yang ramai di pertengahan abad ke-14 dan mendirikan bisnis perdagangan pakaian yang makmur.

Pada abad ke-16, keluarga Fugger adalah salah satu yang terkaya di Augsburg, dan operasi mereka diperluas ke real-estate dan perbankan.

Jakob Fugger adalah bankir terkaya di kota itu, yang membuatnya mendapat julukan "Jakob Fugger the Rich". Tapi ia tetap setia pada nilai-nilai keluarganya, dan pada 1514 ia memulai membangun Fuggerei.

Impian Jakob Fugger adalah menawarkan perumahan yang terjangkau bagi orang yang membutuhkan, terlepas dari status sosial, usia atau latar belakang keluarga mereka.

Satu-satunya persyaratan adalah calon penghuni harus beragama Katolik dan terdaftar sebagai penduduk Augsburg setidaknya selama dua tahun.

Loading...

Pemohon yang berhasil juga harus menyetujui jam malam pukul 22:00 dan berkomitmen untuk berdoa untuk keluarga Fugger, tiga kali sehari di gereja setempat. Kondisi yang sama persis berlaku hari ini.

Para penghuni Fuggerei harus membayar sewa satu bulanan Gulden Rhenish. Jika dikonversi ke dalam mata uang modern, biaya sewa tahunan Fuggerei setara dengan €0,88 atau $1.

The Vintage News melaporkan bahwa orang-orang Fuggerei juga diharuskan membayar biaya tambahan € 0,88 untuk pemeliharaan gereja lokal, dan sekitar €85 untuk pemanasan dan pemeliharaan. Namun itu masih jumlah yang sangat rendah menurut standar saat ini.

Jadi bagaimana Fuggerei bisa mempertahankan harga yang murah sampai saat ini? Rupanya Jakob Fugger telah menyediakan dana dan itu masih cukup untuk mensubsidi biaya-biaya.

Lagi pula, desas-desus tentang kompleks perumahan unik ini mulai menyebar secara dan semakin banyak wisatawan yang ingin melihatnya.

Fuggerei sekarang menerapkan biaya masuk €4 untuk turis, dan mereka akan menikmati jalan-jalan melalui lorong-lorongnya yang indah dan mengunjungi ke salah satu rumah yang diubah menjadi museum, untuk melihat sekilas seperti apa interior rumah-rumah di sana.

Saat ini Fuggerei terdiri dari 67 rumah dan 147 apartemen. Itu dihuni oleh 142 penduduk.

Loading...
Loading...