Kamis, 25 Agustus 2016 20:29 WITA

Pertumbuhan Sektor Properti Berdampak ke 170 Industri Lain

Editor: Jumardin Akas
Pertumbuhan Sektor Properti Berdampak ke 170 Industri Lain
Arief Mone

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemangkasan izin untuk pembangunan rumah bersubsidi bagi masyarakat berpenggasilan rendah (MBR) bukan hanya mendorong sektor properti dan industri bawaannya. 

Namun, setidaknya akan ada puluhan sektor lain yang akan terkena dampak multiplayer efek dari pertumbuhan di industri ini.

Hal ini disampaikan Ketua REI Sulsel Arief Mone saat dikonfirmasi rakyatku.com. Arief mengatakan, ada total 170 sektor yang akan tumbuh seiring dengan pertumbuhan bisnis properti.

"Yang dipengaruhi bukan hanya sektor properti  dan industri bawaannnya seperti semen, seng, penutup lantai dan sebagainya. Namun, hal-hal lain seperti penyerapan tenaga kerja hingga kebutuhan perabot rumah tangga juga akan ikut terpengaruh," kata Arief.

Dia mencontohkan, jika peraturan baru ini diterapkan dengan baik dan pembangunan rumah di Sulsel bisa mencapai target 20.000 unit maka paling tidak akan terserap 100.000 tenaga kerja.

"Bayangkan kalau satu rumah saja dikerjakan 5 orang misalnya. Kalau dikali 20.000 tentu lumayan jumlahnya," kata dia.

Pertumbuhan Sektor Properti Berdampak ke 170 Industri Lain

Arief melanjutkan, pembangunan disektor perumahan bukan hanya membangun sejumlah bangunan. Namun, pembangunan perumahan berarti membangun peradaban masyarakat dan disana akan ada roda perekonomian yang berputar.

"Pasti saat ada perumahan, disana akan ada penjual-penjual, makanan, kebutuhan pokok, sampai penjual pulsa dan vocer listrik," jelasnya.

Tags