Minggu, 16 Oktober 2016 05:00 WITA

Cara Ampuh Rapikan Lemari Pakaian Dalam 15 Menit

Editor: Vkar Sammana
Cara Ampuh Rapikan Lemari Pakaian Dalam 15 Menit
ilustrasi

RAKYATKU.COM - Bukalah lemari pakaian Anda, kemudian lihat apa yang Anda miliki di dalamnya. Jika di dalam sana Anda menemukan tumpukan pakaian yang hampir tidak pernah dipakai dan hanya memenuhi lemari, maka itu berarti sudah waktunya bagi Anda untuk menata ulang isi lemari Anda

Ya, Anda harus merapikan dan menyingkirkan pakaian yang hanya bikin sesak lemari pakaian tersebut. Pekerjaan seperti ini memang terkesan ribet dan bisa jadi malah makan waktu karena Anda harus menimbang mana yang harus benar-benar Anda buang.

Dan untuk mudahnya, berikut adalah cara untuk menyortir dan merapikan isi lemari yang hanya butuh waktu 15 menit saja. Simak panduannya seperti dilansir Rumah.com:

5 menit

Keluarkan semua pakaian yang jarang Anda pakai. Tanyakan kepada diri sendiri mengapa Anda tidak memakainya. Apakah Anda ternyata kurang menyukai warnanya, apakah modelnya membosankan, atau apakah ukurannya tidak sesuai lagi dengan Anda?

Dalam lima menit, masukkan pakaian-pakaian tersebut ke dalam kantung atau tas besar. Dan bisa jadi, Anda  akan terkejut saat melihat jumlah pakaian yang jarang Anda pakai. Jangan-jangan jumlahnya malah setengah dari isi lemari Anda.

Selanjutnya, maka Anda bisa menyumbangkan pakaian yang jarang digunakan tersebut atau menjualnya melalui garage sale.

10 menit

Sekarang saatnya menyortir pakaian dalam 10 menit. Kalau gaya Anda mengatur pakaian berdasarkan warna, awali dengan mengumpulkan pakaian dengan warna-warna netral, contohnya hitam, putih, abu-abu, dan cokelat.

Kemudian, satukan pakaian yang bermotif dan berwarna terang. Susun semuanya dengan rapi di dalam lemari.

Jika Anda lebih suka menyusun pakaian berdasarkan kategori, pisahkan pakaian santai (kaus, celana pendek, dan jeans), pakaian kerja (kemeja, rok, celana panjang, dan blazer), dan pakaian untuk acara resmi (kebaya dan kain tradisional). Cara ini akan mengurangi waktu Anda dalam memilih pakaian setiap pagi.

Kalau Anda memiliki pakaian yang terbuat dari bahan-bahan berbeda, bisa juga menyortir pakaian berdasarkan bahannya. Contohnya kemeja yang terbuat dari katun dilipat dan disusun dengan rapi, sedangkan baju luaran dan syal yang terbuat dari wol digantung di lemari.

Mudah-mudahan yang tersisa saat ini adalah pakaian yang benar-benar Anda butuhkan dan Anda suka.