24 October 2016 10:46 WITA

Tidak Mesti Mahal, Ini Tips Membuat Suasana Rumah Menjadi Nyaman

Editor: Vkar Sammana
Tidak Mesti Mahal, Ini Tips Membuat Suasana Rumah Menjadi Nyaman

RAKYATKU.COM - Kebanyakan orang menganggap, rumah yang nyaman akan didapat saat Anda membeli rumah rengan harga yang mahal. Jangan salah, ada banyak cara membuat tempat tujuan terakhir setelah beraktivitas seharian jadi lebih indah dan nyaman untuk ditempati melepas penat.

Meski tidak memiliki banyak perabotan, serta ragam dekorasi yang mahal. Rumah nyaman juga bisa hadir tanpa mengekuarkan uang yang banyak. Simak tipsnya seperti dikutip dari embracingsimpleblog.com:

1. Lengkapi sofa dengan bantal dan selimut

Jika Anda seseorang yang senang berkreasi, beli isi bantal dan jahit sendiri sarung bantalnya dengan motif kesukaan Anda. Banyak toko perlengkapan rumah tangga yang menjual bantal dan sarungnya dengan harga yang murah.

Kemudian letakkan sebuah selimut di atas sofa dan tambahkan bantal-bantal di bagian atasnya. Trik ini akan membuat ruang keluarga menjadi tempat yang rileks dan membuat anggota keluarga serta pengunjung rumah ingin merasakan kenyamannya.

Rumah yang memiliki tanaman biasanya memberikan aura yang lebih menyegarkan ketika berada di dalamnya. Banyak cara sederhana untuk menambah tanaman di rumah seperti dengan setangkai bunga segar dan meletakkannya di vas bunga di ruang tamu atau bahkan juga di dapur.

2. Foto keluarga

Rumah yang memasang foto keluarga dapat memberikan rasa nyaman yang instan. Namun pastikan bahwa Anda tidak memasang seluruh foto keluarga dengan berbagai ukuran karena justru akan membuat ruangan di rumah tampak berantakan.

Jadi cukup pasang beberapa buah foto dengan ukuran besar untuk menjadi pusat perhatian di salah satu ruangan.

3. Gunakan dekorasi yang memiliki memori

Ketika berkunjung ke rumah orang tua atau nenek, lihat kembali perabotan atau dekorasi di rumah tersebut, adakah yang dapat membangkitkan memori masa kecil Anda? Minta izin untuk membawa dan meletakannya di rumah, kenangan masa kecil yang hangat akan memberikan rasa nyaman.

4. Gantung lampu hias

Lampu hias yang biasa terdapat di perayaan natal, kini sering digunakan sebagai penghias di dalam rumah. Lampu ini bisa digunakan di dalam atau di luar ruangan. Rumah tentunya akan terasa lebih nyaman dan teduh ketika lampu ini dinyalakan di malam hari.

5. Lampu meja atau lantai

Permainan cahaya adalah cara yang paling mudah untuk merubah dinamika ruangan. Gunakan lampu-lampu tersembunyi seperti yang di letakkan di langit-langit atau bahkan di lantai rumah.

Konsep seperti ini sering digunakan oleh restoran atau kafe ternama untuk memberikan suasana yang nyaman. Penempatan lampu yang terlalu terang di atas seperti di supermarket atau di kantor justru akan membuat penghuninya menjadi tidak rileks.