Rabu, 26 Oktober 2016 08:57 WITA

Tips Merawat Tanaman di Dalam Rumah

Editor: Vkar Sammana
Tips Merawat Tanaman di Dalam Rumah

RAKYATKU.COM - Untuk menciptakan ruangan yang segar dan lapang, sekaligus mengatasi halaman rumah yang terbatas, Anda meletakkan tanaman di dalam ruangan.

Pot tanaman hias juga akan mempercantik ruangan di rumah Anda sehingga menyegarkan pandangan mata. Namun, memperlakukan tanaman di dalam ruangan pun tak bisa seenaknya, kecuali jika Anda tak masalah bila tanaman menjadi cepat mati. Agar tanaman tetap cantik dan bertahan lama, simak triknya.

Bukan tanaman bunga

Pilih tanaman yang berdaun saja, bukan yang ada bunganya. Tanaman berdaun cenderung lebih tahan berada di area yang kurang penerangan sinar matahari dibandingkan tanaman bunga.

Pasalnya, bakal bunga akan menjadi cepat busuk jika cahaya mataharinya tak memadai. Sedangkan tanaman daun lebih fleksibel, maksimal ia hanya berubah warna, bukan membusuk.

Perhatikan potnya

Jangan menggunakan pot yang tak ada tatakannya. Setiap pot tetap akan dilengkapi lubang di bagian atasnya agar saat disiram, air yang tak digunakan mengalir keluar pot.

Jika tak ada tatakan, air yang bercampur tanah akan mengotori lantai atau meja rumah Anda. Selain itu, segera buah air yang tersisa di tatakan agar tidak mengundang nyamuk untuk bertelur atau timbulnya jamur di sekitar pot.

Tips Merawat Tanaman di Dalam Rumah

Keluarkan setiap minggu

Sebaiknya keluarkan tanaman dari ruangan 1-2 kali seminggu, karena tanaman tetap membutuhkan udara luar dan sinar matahari agar pertumbuhannya tak terganggu.

Diamkan selama 1-2 jam hingga seluruh batangnya terpapar sinar matahari.

Tak perlu disiram setiap hari

Karena udara di dalam ruangan yang lebih sejuk, tanah, batang, dan daun tanaman di dalam ruangan lebih lama keringnya saat terkena air.

Jadi agar batangnya tak mudah lembap dan membusuk, Anda cukup menyiramnya setiap dua hari. Gunakan spray untuk tanaman yang mungil seperti kaktus untuk mencegah airnya terciprat ke lantai atau meja Anda.

Hindari area panas

Meski di dalam ruangan, tanaman tetap membutuhkan sirkulasi dan tanaman pun akan layu dan lemas jika ruangannya terlalu panas.

Jadi hindari meletakkannya di area dapur yang dekat kompor. Jika Anda memang ingin mempercantik dapur, letakkan tanaman di dekat tempat cuci piring atau jendela.