Senin, 31 Oktober 2016 09:39 WITA

Pulanglah, Kebahagiaan Ternyata Ada di Rumah 

Editor: Vkar Sammana
Pulanglah, Kebahagiaan Ternyata Ada di Rumah 

RAKYATKU.COM - Beberapa orang beranggapan jika rumah tidak hanya sebagai tempat tinggal. Tetapi, rumah juga adalah tempat untuk menciptakan suasana nyaman dan bahagia. 

Perasaan senang akan tercipta saat kita membuka pintu rumah, tempat dimana keluarga tersayang tinggal bersama, dan juga tempat dimana Anda merasakan kedamaian.

Berikut tips menciptakan suasana bahagia di rumah, seperti dikutip daringtolivefully.com:

1. Usahakan rumah selalu dalam kondisi rapi

Rumah dengan barang yang berserakan akan memberikan perasaan yang tertekan. Kondisi tersebut memberikan stimulus berlebih dan memberikan sinyal kepada otak bahwa ada pekerjaan yang belum selesai.

Hal ini akan menimbulkan rasa cemas dan juga perasaan bersalah. Jadi selalu rapikan rumah dan letakkan barang-barang di tempatnya agar Anda menjadi orang yang lebih bahagia.

2. Letakkan benda sarat memori bahagia

Letakkan benda-benda yang dapat membangkitkan kenangan yang bahagia seperti foto masa kecil, foto pernikahan, dan foto liburan. Setiap Anda melihat foto-foto tersebut maka akan memunculkan percikan rasa bahagia ketika mengingat kembali memori tersebut.

3. Adakan perabotan yang bisa dipakai semua anggota keluarga

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, agar menjadi lebih bahagia di rumah Anda membutuhkan sebuah memori bahagia. Ubah ruang keluarga menjadi ruang untuk bermain bersama keluarga.

Pulanglah, Kebahagiaan Ternyata Ada di Rumah 

Beli perabotan seperti meja ping pong, siapkan juga beberapa papan permainan di meja yang bisa dimainkan di akhir pekan. Anda juga bisa menyulap ruang televisi menjadi seperti menonton di bioskop dengan mengganti sofa yang lebih besar dan menambah sebuah home theater

3. Tanaman di dalam rumah 

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa membawa tanaman ke dalam rumah dapat menurunkan kadar stres, membersihkan udara, menjaga kesehatan sehingga dapat meningkatkan rasa bahagia. Pilih tanaman yang cocok diletakkan di dalam ruangan serta tidak membutuhkan banyak perawatan.

4. Perpustakaan mini

Beberapa penelitian menyatakan bahwa membaca bisa dapat menurunkan kadar stres. Ketika kita mendapatkan informasi atau pengetahuan baru maka akan ada rasa kepuasan dari terpenuhinya kebutuhan kompetensi.

Dedikasikan sebuah ruangan untuk menjadi ruang membaca, pastikan di area tersebut terdapat kursi dan bantal yang nyaman, serta pencahayaan yang cukup sehingga semua anggota keluarga bisa membaca di ruangan tersebut.