17 November 2016 10:05 WITA

REI Sulsel Anjurkan Beli Rumah di Akhir Tahun, Ini Alasannya

Editor: Andi Chaerul Fadli
REI Sulsel Anjurkan Beli Rumah di Akhir Tahun, Ini Alasannya

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Akhir tahun 2016 dianggap menjadi momentum terbaik untuk membeli rumah. Harga properti cenderung lebih murah dan banyak pengembang maupun perbankan yang memberi kemudahan.

Rata-rata suku bunga perbankan saat ini mengarah ke single digit,  mulai 8 hingga 9,75 persen. Sementara, pengembang, lebih memilih menahan harga lantaran penjualan rumah sedang lesu. Lewat akhir tahun, ada peluang kenaikan harga.

Ketua DPD Real Estate Indonesia (REI) Sulsel, Arief Mone mengatakan, pengembang sedang mengejar target penjualan rumah di akhir tahun.  Makanya, para pengembang cenderung lebih jor-joran dalam memasang harga promo.

“Tiap tahun pasti naik. Lebih untung beli sekarang. Apalagi uang muka cukup murah,” katanya, Kamis (17/11/2016).

Kondisi berbeda tentu akan terjadi pada awal tahun depan. Bahkan rumah subsidi pun harganya diprediksi bakal naik. Kenaikannya menjadi sekitar Rp129 juta-Rp300 juta.

Sementara untuk rumah komersial, kata dia, dipastikan akan mengalami kenaikan antara 10-25 persen. Kenaikan itu, kata dia, disesuaikan dengan harga material dan lahan perumahan.

Menurutnya, momentum serba mudah dan murah tepat untuk konsumen membeli rumah dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). “Harga rumah tidak pernah turun, semakin lama merencanakan, semakin mahal pula yang didapatkan,” jelasnya.