Selasa, 10 Januari 2017 09:53 WITA

Kesalahan yang Dapat Merusak Lukisan di Rumah

Editor: Andi Chaerul Fadli
Kesalahan yang Dapat Merusak Lukisan di Rumah
Goran Kosanovic/Washington Post

RAKYATKU.COM - Apakah dinding rumah Anda mempunyai lukisan-lukisan? Jika iya, maka Anda sebaiknya mengambil langkah tepat melindungi karya-karya itu.

Seringkali kita tidak mempertimbangkan faktor yang dapat merusak karya seni dalam jangka waktu yang lama. Seperti membiarkannya terpapar matahari atau panas langsung.

Dikutip dari Washington Post, Selasa (10/1/2017), Kepala konservasi di Smithsonian American Art Museum, Tiarna Doherty mengungkapkan beberapa kebiasaan yang ternyata bisa merusak karya seni di dalam rumah.

Pembersih kaca. Umumnya kita menggunakan pembersih ini untuk membersihkan kaca bingkai lukisan. Nyatanya, cairan ini dapat meresp ke tepi bingkai dan merusak karya seni.

Menurutnya, cukup menggunakan kain kering atau campur sedikit air maupun alkohol di bagian sudut kain untuk membersihkan bingkai lukisan.

Memoles furnitur. Penyemprotan atau menyeka furnitur pada frame lukisan tidak dianjurkan. Hal itu bisa merusak lapisan bingkai. 

Doherty mengatakan, bingkai tua dari kayu mesti ditangani hati-hati. Sebaiknya, gunakan sikat lembut dan kering. Upayakan tidak menggunakan air atau cairan lainnya untuk membersihkan bingkai.

Paparan cahaya. Kerap kali kita menempatkan karya seni kita di dekat cahaya dan dekat pintu depan. Namun hal ini bisa merusak lukisan. Paparan cahaya dan kelembaban udara cukup mampu membuat lukisan pudar dan retak.

Menyimpan di loteng. Loteng maupun garasi untuk penyimpanan karya seni bisa membuat struktur lukisan lembab dan cenderung panas.Anda bisa menempatkan lukisan yang tidak digunakan pada bagian belakang lemri dengan posisi bersandar.