17 March 2017 08:00 WITA

Perhatikan Ini untuk Perawatan Kamar Mandi

Editor: Andi Chaerul Fadli
Perhatikan Ini untuk Perawatan Kamar Mandi

RAKYATKU.COM - Perlu kiat khusus untuk merawat kamar mandi di dalam rumah. Kondisi yang kerap lembab menjadi alasannya.

Butuh pelapis dinding khusus agar lapisan dinding kuat meski terkena uap atau bahkan air. Umumnya, dinding kamar mandi ditutup ubin keramik. Agar kelembapan tidak merembes ke dinding. 

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan jika dinding kamar mandi ditutup cat, dikutip dari houzz.com, Jumat (17/3/2017).

Ventilasi
Ventilasi mengatur suhu ruangan, termasuk mengantisipasi kelembaban tinggi. Anda bisa membuat jendela atau menggunakan exhaust fan. Dengan begitu, cat tembok bisa terjaga dan tidak mengembang.

Gipsum
Gipsum sebagai pelapis kamar mandi juga bisa digunakan, terutama jika konsepnya kamar mandi kering. Namun ada dua hal yang sebaiknya diperhatikan; Pertama, gunakan papan gipsum tahan lembab yang relatif lebih kuat dari papan gipsum biasa. 

Kedua, pastikan pemasangannya benar. Jangan sampai proses pengamplasan meninggalkan tekstur berbeda-beda. Mintalah finishing level 5 untuk mendapatkan hasil terbaik.

Cat tahan lama
Cat yang berkualitas baik dan tahan lama bisa ditempatkan di lokasi-lokasi khusus, seperti sekitar jendela atau permukaan lain yang sering dijadikan rak penyimpanan.

Pencahayaan
Pastikan Anda memberikan pencahayaan alami dan buatan yang cukup di kamar mandi. Jika sinar matahari mendominasi pencahayaan, sebaiknya Anda mengecek bagaimana "jatuhnya" sinar sepanjang hari. Meski baik memiliki banyak sinar alami yang masuk ke dalam kamar mandi, namun hal ini juga dapat menegaskan kesalahan pengecatan di dalamnya.

Perhatikan, ketika mengecat langit-langit berukuran besar, pastikan pengecatan dalam satu arah yang sama.