Selasa, 21 Maret 2017 21:15 WITA

Laba Menurun, GMTD Tetap Bagi Dividen

Editor: Almaliki
Laba Menurun, GMTD Tetap Bagi Dividen

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan hari ini, PT Gowa Makassar Tourism Development Tbk (GMTD) mengumumkan pembagian dividen untuk tahun buku 2016 sebesar Rp2,58 miliar atau Rp25 per saham. Hal ini setara dengan imbal hasil sebesar 0,4 persen terhadap harga per lembar saham Rp6,950 per saham per 30 Desember 2016. 

PT Gowa Makassar Tourism Development Tbk (GMTD), membukukan pendapatan sebesar Rp290 miliar untuk tahun 2016, menurun sebesar 9 persen, dibanding pendapatan tahun 2015 yang tercatat sebesar Rp319 miliar.

Sepanjang tahun 2016, pendapatan perseroan yang berasal dari penjualan rumah hunian dan rumah toko, tercatat sebesar Rp 263,3 miliar, meningkat sebesar 2,5 persen, dibandingkan pendapatan tahun 2015 sebesar Rp 257 miliar.

Sementara pendapatan, sehubungan dengan penjualan Lahan Siap Bangun (kavling) mengalami penurunan sebesar 73,5 persen, dari Rp 51,7 miliar pada tahun 2015, menjadi Rp 13,7 miliar pada tahun 2016.

Laba Usaha Perseroan untuk tahun 2016 tercatat sebesar Rp 91,9 miliar, mengalami
penurunan sebesar 21,5 persen, dibanding tahun sebelumnya sebesar Rp 117 miliar. Penurunan laba usaha terutama disebabkan penurunan Pendapatan sepanjang tahun 2016 serta meningkatnya beban pokok pendapatan.

Laba bersih setelah pajak juga mengalami penurunan sebesar 26,6 persen menjadi Rp86,9 miliar dibanding tahun 2015 yang tercatat sebesar Rp 118,5 miliar. Penurunan laba bersih, terutama disebabkan penurunan pendapatan, meningkatnya beban pokok pendapatan serta beban keuangan sepanjang tahun 2016.

Di sisi lain, perseroan berhasil meningkatkan kontribusi dari pendapatan recurring income terhadap total pendapatan yang meningkat dari 3,2 persen pada tahun 2015, menjadi 4,5 persen pada tahun 2016, dengan perolehan pendapatan recurring untuk tahun 2016 sebesar Rp 13 miliar, tumbuh 26,2 persen dari Rp 10,3 miliar, pada tahun 2015.

Perseroan berupaya meningkatkan recurring income pada tingkat yang cukup signifikan, dari total pendapatan dalam upaya memperkuat struktur finansial perseroan, saat menghadapi pasar properti yang melambat.

Presiden Direktur GMTD, Andi Anzhar Cakra Wijaya mengatakan, 2016 merupakan tahun yang penuh tantangan bagi perseroan. Sejalan dengan pelambatan ekonomi global, perekonomian Indonesia juga terpengaruh secara signifikan, sehingga pada akhirnya berdampak pada industri properti.

Di tengah-tengah keadaan yang penuh tantangan, perseroan tetap melanjutkan pengembangan Tanjung Bunga sebagai kawasan perumahan dan komersial terpadu. Perseroan menjajaki segmen-segmen pasar yang memiliki potensi baru, dengan cara menawarkan produk-produk untuk kalangan menengah bawah, yang masih memiliki potensi pertumbuhan yang kuat, serta fokus pada penyelesaian proyek-proyek yang sedang berjalan.

"Ke depan, kami percaya bahwa permintaan untuk segmen perumahan dan komersial yang berkualitas di Makassar, Sulawesi Selatan akan terus bertumbuh seiring dengan pertumbuhan ekonomi, pariwisata, dan pembangunan infrastruktur di kawasan tersebut. Di samping itu, kami mengamati kondisi pasar dari waktu ke waktu dan konsisten meluncurkan produk-produk yang sesuai dengan segmen pasar yang dituju. Untuk meningkatkan penetrasi pasar di segmen menengah ke bawah, perseroan akan meluncurkan unit-unit perumahan di kisaran harga Rp 200-300 juta. Pemasaran produk produk untuk segmen menengah bawah ini akan dilakukan secara bisnis ke bisnis (B2B)." 
  
Lebih lanjut, ia menambahkan, pembagian dividen sebesar Rp 2,5 miliar merupakan komitmen GMTD untuk mempertahankan imbal hasil kepada para pemegang saham dengan mendistribusikan dividen tahunan.

"Saya juga mengambil kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih kepada para pemegang saham, mitra usaha, pemasok, serta semua karyawan atas kerja keras dan dukungannya kepada perseroan," ujar Azhar. 

Dalam RUPS tersebut juga diumunkan pengangkatan Theo. L. Sambuaga, Didik J. Rachbini, Hinca Pandjaitan dan Erwin Syafruddin Haija sebagai anggota baru Komisaris Perseroan. Pengalaman mereka yang luas di bidangnya masing-masing, akan memberikan kontribusi dan lebih memperkuat manajemen, operasional dan tata kelola perseroan. 

"Selain itu, saya ingin menyampaikan terima kasih yang tulus kepada Bapak Hendry Leo, Muhammad Jafar Hafsah dan Bapak Ibrahim Saleh atas dukungan dan arahan mereka selama menjabat sebagai anggota anggota Dewan Komisaris Perseroan," tukas Azhar.

Tags