Sabtu, 16 April 2016 22:22 WITA

Tips Membeli Hunian di Perumahan Baru

Editor: Jumardin Akas
Tips Membeli Hunian di Perumahan Baru

RAKYATKU.COM - Sejumlah developer kini menawarkan sejumlah rumah baru. Sisa bagaimana konsumen menyesuaikan dengan kemampuan finansial masing-masing. 

Agar mendapatkan hunian rumah yang sesuai harapan pemiliknya, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mendapatkan hunian baru seperti yang diharapkan, antara lain :

1. Lokasi rumah

Dari berbagai pilihan jenis rumah yang ditawarkan oleh bagian pemasaran perumahan, nasabah harus cerdas dalam memilih lokasi rumah pilihannya. Ini dikarenakan lokasi rumah yang strategis akan membantu nasabah dalam melakukan segala aktivitasnya mulai dari bekerja, hingga jalan-jalan.

Perhatikan pula lokasi rumah yang diinginkan apakah dekat dengan berbagai fasilitas umum, seperti rumah sakit, pusat perbelanjaan, hingga jalan tol. Walaupun dari segi harga sedikit lebih mahal, namun lokasi pun dapat menjadi nilai investasi yang meningkatkan nilai jual rumah yang dimiliki nanti ketika akan dijual kembali.

2. Harga rumah

Hal ini merupakan hal lain yang perlu dipertimbangkan oleh pembeli rumah, karena bila harga rumah yang ditawarkan ternyata sesuai dengan harga pasarannya kemudian lokasi di pusat kota sudah merupakan dua keuntungan yang pembeli dapatkan. Harga pasaran contoh di Depok saja dengan luas bangunan tujuh puluh meter rata-rata berkisar 400 juta, terdiri dari dua kamar tidur dan 1 kamar mandi.

Namun bila biaya yang dimiliki untuk membeli rumah masih jauh dari cukup, maka jangan terlalu memaksakan diri. Pembeli dapat mencoba pilihan rumah lainnya yang dirasa cukup dengan keuangan yang dimiliki. Minimal pembeli sudah dapat menyisihkan sepertiga dari penghasilan yang dimiliki setiap bulannya untuk mencicil rumah bila mau menggunakan sistem KPR. 

loading...

3. Sisi konstruksi bangunannya

Jangan mudah percaya dengan bentuk rumah yang bagus dan berbentuk minimalis dari fisiknya. Cek juga konstruksi bangunannya sebelum pembeli memutuskan rumah yang akan dibelinya. Misalnya dengan mengetuk tembok nya akan terlihat padat atau tidak komposisi bahan bangunannya dengan bata atau batako. Jika menurut pembeli layak, maka dapat langsung memutuskan untuk membelinya. 

4. Pilih developer yang dapat dipercaya

Rumah yang didapat dari developer yang dapat dipercaya akan menambah kepuasan pembeli, ini dikarenakan banyak juga oknum-oknum developer nakal yang menjanjikan rumah yang di beli, namun kenyataannya rumah tersebut pun dijual ke pembeli lain. Sehingga satu rumah dimiliki oleh dua pembeli, maka jangan sampai pembeli mendapatkan developer seperti itu. Survei terlebih dulu nama developer tersebut agar lebih yakin mengambil keputusan.

5. Mencari referensi dan informasi

Mencari referensi tentang rumah yang akan dibeli dan informasi tentang developer yang membangun perumahan tersebut saat ini mudah untuk dilakukan. Selain dapat dengan menanyakan langsung kepada warga sekitar perumahan, pembeli juga dapat mendapatkan informasi melalui internet.

Loading...
Loading...