28 May 2017 04:00 WITA

4 Hal Ini Buat Baja Ringan di Rumah Jadi Karatan

Editor: Andi Chaerul Fadli
4 Hal Ini Buat Baja Ringan di Rumah Jadi Karatan

RAKYATKU.COM - Baja ringan mulai banyak digunakan sebagai pengganti kayu untuk penopang bagian atas rumah.

Meski dilapisi zat anti-karat, bukan berarti baja ringan ini terbebas dari korosi atau proses pengaratan. Setidaknya ada empat hal yang dapat memicu karat pada baja ringan, dikutip dari IDEA.

Larutan asam
Cairan atau larutan bersifat asam sangat reaktif ketika bersinggungan dengan permukaan baja ringan. Jika itu terjadi, maka coating atau lapisan antikarat pada baja ringan akan mengelupas dan seketika mampu menimbulkan karat.

Hujan dan panas
Pada dasarnya, baja ringan bukanlah material eksterior dan tidak diciptakan untuk tahan terpaan hujan dan panas secara masif. Terpaan cuaca apalagi di Indonesia yang kerap tak menentu cepat atau lambat dapat menggerus daya tahan lapisan antikarat di baja ringan.

Tergores alat kerja
Ketika terdapat goresan pada baja, maka otomatis baja tersebut akan berhubungan langsung dengan oksigen. Proses oksidasi antara oksigen dan zat kimia baja itulah yang kemudian menimbulkan karat.

Air semen
Sebisa mungkin, hindari baja ringan dari adonan semen. Pasalnya, menempelnya air semen pada permukaan baja ringan bisa menghasilkan reaksi kimia yang berpotensi merusak lapisan antikarat pada baja ringan. Hal itu bakal cepat terjadi di permukaan baja ringan yang lapisan antikaratnya berjenis zinc (galvanis).

Berita Terkait