06 July 2017 08:00 WITA

Seprai Merah Bisa Jadi 'Sarang' Kutu

Editor: Andi Chaerul Fadli
Seprai Merah Bisa Jadi 'Sarang' Kutu

RAKYATKU.COM - Kutu kasur menjadi salah satu gangguan tidur bagi sebagian besar orang. Namun pemicu banyaknya mahkluk mikro ini umumnya disebabkan pola hidup pemilik kamar.

Sebuah studi yang dipublikasikan Journal of Medical Entomology menemukan, ada senjata ampuh untuk melawan serangga satu ini.

Mereka melakukan percobaan dengan delapan warna yang berbeda dalam sebuah cawan. Kemudian melihat ke warna manakah kutu akan bersembunyi.

Ternyata kebanyakan kutu mengarah ke kain berwarna merah, yaitu sekitar 29 persen dari total keseluruhan. Hitam adalah warna kedua yang disenangi kutu dengan jumlah 23 persen.

"Mereka senang merah karena itu adalah warna makanan mereka, darah," ujar asisten penulis studi Corraine McNeill, dikutip dari Time.

Kutu kasur juga senang warna merah karena tubuh mereka berwarna serupa. Sehingga mereka menganggapnya sebagai gerombolan kutu kasur.

Sebaliknya, kutu menghindari warna hijau dan kuning. Kemungkinan kedua warna tersebut mencerminkan keadaan di luar ruangan atau daerah yang bersinar terang. Tempat yang tidak mereka sukai.