Kamis, 17 Maret 2016 12:38 WITA

Bank Mandiri Garap KPR 117 Perumahan di Sulawesi dan Maluku

Editor: Mulyadi Abdillah
Bank Mandiri Garap KPR 117 Perumahan di Sulawesi dan Maluku

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - PT Bank Mandiri Tbk sudah menyiapkan anggaran Rp1,5 triliun untuk menggarap kredit pemilikan rumah (KPR) di 117 proyek perumahan di Sulawesi dan Maluku.

Consumer Loan Head Bank Mandiri Kanwil X Makassar, Egah Sagalawani menjelaskan, dana itu disiapkan dalam membiayai jenis produk kredit multiguna, take over, dan pembiayaan perumahan lainnya. Untuk itu, bank pelat merah ini menggandeng pengembang dari proyek-proyek itu.

"Kami optimistis dengan target tahun ini, hanya saja untuk nilainya baru bisa dilihat pada semester dua. Per bulannya, kami target 20 persen," kata Egah saat ditemui di stan Bank Mandiri pada REI Expo 2016, kemarin.

Penyaluran pembiayaan kredit terbesar di Bank Mandiri Kanwil X masih didominasi penjualan rumah baru saat ini, sekira 60 persen dari total kredit. Lalu 30 persen dari rumah bekas dan selebihnya pada pembiayaan produk take over serta multiguna.

Dari produk pembiayaan perumahan itu, sekira 2.700 nasabah sudah dihimpun Bank Mandiri. "Target market kami tahun ini 25 persen, naik 11 persen dari tahun lalu yakni 14 persen," jelasnya.

Untuk mencapai targetnya, emiten berkode BMRI itu terus menyasar kerjasama dengan pengembang perumahan di wilayah Sulawesi dan Maluku.

Juga menyediakan kemudahan kredit dengan bunga 9,25 persen fix 3 tahun dan 9,75 persen fix 5 tahun serta uang muka minimal 5 persen.

Pada kegiatan REI Expo 2016 ini, tambah Egah, pihaknya membidik transaksi sekira Rp40 miliar-Rp50 miliar.