Rabu, 15 November 2017 11:25 WITA

Tahun 2020, Dunia Akan Punya Kota Terapung

Editor: Suriawati
Tahun 2020, Dunia Akan Punya Kota Terapung
Foto: Seasteading

RAKYATKU.COM - Kota terapung mungkin masih menjadi fiksi ilmiah saat ini. Tapi, pada tahun 2020, itu akan menjadi sebuah kenyataan.

Menurut laporan Metro UK, sebuah tim ahli sedang mengerjakan prototipe kota mandiri yang berdiri di perairan dekat dengan Polinesia Prancis.

Orang-orang di balik rencana tersebut percaya bahwa ini akan menjadi kesempatan untuk 'mengatur ulang' masyarakat dan pemerintah, dan menawarkan kesempatan untuk hidup secara lestari di tengah meningkatnya ancaman kenaikan permukaan air laut.

Organisasi nirlaba, Seasteading Institute adalah otak di balik proyek tersebut. Pemerintah Polinesia Prancis dikabarkan telah memberi dukungan untuk memulai tes di perairannya awal tahun ini.

Tahun 2020, Dunia Akan Punya Kota TerapungTim tersebut berharap dapat membangun sekitar 12 struktur dalam tiga tahun ke depan, termasuk rumah, hotel, kantor dan restoran, dengan biaya sekitar $60 juta (Rp810 miliar).

Strukturnya akan menampilkan atap hidup dan menggunakan kayu lokal, bambu, serat kelapa dan logam daur ulang serta plastik. 

President Seasteading Institute, Joe Quirk mengatakan bahwa dia berharap bisa melihat ribuan kota terapung pada tahun 2050.