Sabtu, 25 November 2017 13:03 WITA

Pasar Properti Bergerak Positif di Akhir Tahun 2017

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Pasar Properti Bergerak Positif di Akhir Tahun 2017

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pasar properti terus bergerak positif hingga akhir 2017 ini, bahkan diyakini sebagai waktu yang tepat untuk berinvestasi. 

Direktur PT Rancang Komunika Mandiri (RKM), Andry Sudjono mengatakan, pertumbuhan ekonomi nasional adalah salah satu faktor yang kuat di balik kondisi pasar properti Indonesia, dengan lonjakan permintaan yang didukung oleh kepercayaan konsumen yang lebih tinggi.  

"Dengan suksesnya penyelenggaraan tax amnesty, masih banyak dana repatriasi yang belum dibelanjakan atau ditempatkan oleh pemiliknya. Kemungkinan terbesar pemilik dana akan melirik sektor properti sebagai sarana investasi yang paling tepat," katanya.

Tidak hanya itu, banyak langkah pemerintah yang merangsang pertumbuhan di sektor properti. Dalam hal ini adanya relaksasi loan to value (LTV) dari Bank Indonesia, pemangkasan perizinan, pemotongan PPh final, suku bunga KPR yang cenderung menurun. 
 
Saat ini area yang berpotensi cerah dan merupakan area investasi yang tepat berada pada area pengembangan kota di sisi selatan Kota Makassar, Tanjung Bunga. Dengan adanya pembangunan Stadion Barombong, rencana pembangunan industry pelabuhan Takalar, rencana pembangunan tol, pembangunan CPI dan lain-lain.

"Selain itu, faktor pendorong lainnya, yang membuat sektor properti menggeliat adalah kebijakan pemerintah yang mendorong tumbuhnya pengusaha-pengusaha muda yang bergerak diberbagai bidang, salah satunya industri kreatif," pungkasnya.