Kamis, 30 November 2017 12:24 WITA

4 Bahan Alami yang Ampuh Mengusir Semut

Editor: Suriawati
4 Bahan Alami yang Ampuh Mengusir Semut
INT

RAKYATKU.COM - Semut dikenal sebagai makhluk pengacau, terutama di dapur. Yang lebih menjengkelkan, semut ini termasuk makhluk sosial, yang berarti bahwa mereka tidak akan puas dengan menyantap makanan sendirian, melainkan bergerombol.

Saat semut masuk ke dalam rumah, mereka akan meninggalkan jejak kimia, sehingga menarik teman-temannya untuk berdatangan. Karena itulah dibutuhkan usaha ekstra untuk menyingkirkannya. 

Tentu saja, ada banyak racun semut yang tersedia di pasaran, tetapi jika Anda mencari cara yang lebih alami untuk berurusan dengan makhluk ini, ikuti tips berikut ini:

1. Air sabun
Air sabun bisa menyeka jejak semut. Sabun tidak hanya akan menangkis semut tapi juga menghapus penanda kimia yang mereka tinggalkan, dan semut lainnya tidak akan mendapatkan sinyal untuk masuk ke rumah Anda.

2. Bubuk kayu manis
Studi ilmiah telah menemukan bahwa kayu manis dapat mengusir semut dan juga membunuh mereka. Taburi bubuk kayu manis di kusen jendela, ambang pintu, dan di bawah lemari. Anda juga bisa menempatkan bubuk atau batang kayu manis di tempat di mana Anda menemukan semut.

4 Bahan Alami yang Ampuh Mengusir Semut3. Bubuk cengkeh
Cengkeh mengandung eugenol, eugenol asetat, serta beta-caryophyllene yang beracun bagi semut. Sebuah studi tentang semut menemukan bahwa bubuk cengkeh mampu mengusir 99% semut dalam waktu 3 jam.

4. Lada hitam
Sama seperti bubuk kayu manis, lada hitam juga bisa mengusir dan membunuh semut. Jadi, taburi ini di sekitar titik masuk dan jalur semut.