Selasa, 16 Januari 2018 17:54 WITA

Desain Pintu Geser untuk Rumah Minimalis

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Desain Pintu Geser untuk Rumah Minimalis

RAKYATKU.COM - Selain nyaman, keindahan rumah tentunya menjadi hal yang juga perlu diperhatikan. Salah satu bagian penting diperhatikan, yakni pintu yang digunakan pada sebuah rumah, utamanya rumah minimalis.

Anda dapat membuat rumah minimalis kian menarik dan unik, dengan menggunakan pintu geser. Pintu geser saat ini belum banyak digunakan, namun bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin menampilkan kesan unik pada rumah.

Berikut beberapa desain pintu geser, yang sesuai untuk rumah minimalis, yang di rangkum dari rumahlia.com:

1. Pintu Geser Klasik

Desain Pintu Geser untuk Rumah Minimalis
Pintu geser klasik ini terdiri atas dua lapisan. Pada lapisan pertama ada pintu yang dibuat dari kaca untuk mengurangi penyebab semut banyak di rumah. Pada lapisan kedua ada pintu yang terbuat dari kayu. Desain pintu geser jenis klasik ini cocok sekali dipasang pada area depan rumah atau pintu yang mengarah ke halaman samping atau belakang rumah.

2. Pintu Geser Kayu

Desain Pintu Geser untuk Rumah Minimalis
Desain pintu geser dengan bahan dasar kayu. Pintu geser ini termasuk unik karena beberapa desainnya menggunakan lintasan dan dipasangi roda agar pintu bisa didorong. Anda tidak perlu cemas pintu ini akan memakan banyak ruang, karena pintu jenis ini termasuk hemat dalam penggunaan ruang.

Pintu geser kayu sendiri memiliki beberapa kelebihan, antara lain, tidak membutuhkan area yang besar, dapat diletakkan di ruang sempit, dapat digunakan sebagai pintu kamar mandi.

3. Pintu Geser Gaya Jepang

Desain Pintu Geser untuk Rumah Minimalis
Desain pintu geser gaya Jepang. Orang Jepang memang terkenal akan konsistensinya dalam hal-hal tradisional. Begitu juga dengan penggunaan pintu geser, yang tetap dipertahankan. Anda dapat menggunakan pintu geser jenis ini, karena tampilannya yang unik dan tergolong tidak biasa pada rumah-rumah di Indonesia.

Ada beberapa kelebihan unik dan menarik yang dimiliki pintu geser gaya Jepang, antara lain, bisa digunakan sebagai pembatas/sekat ruangan, tidak memakan banyak tempat, dapat digunakan baik pada area luas maupun sempit, dapat digunakan pada kamar tidur anak dan dewasa minimalis, mengurangi resiko penyebab kecoa banyak di rumah.

4. Pintu Geser Lipat

Desain Pintu Geser untuk Rumah Minimalis
Pintu geser jenis ini biasanya ditemukan pada garasi rumah, karena desainnya yang gampang dibuka. Namun, Anda juga bisa menggunakan pintu ini di bagian lain dalam rumah minimalis Anda. Misalnya pada desain kamar tidur anak dan dewasa.

Kebanyakan, pintu geser jenis ini terbuat dari kayu untuk memudahkan proses membuka pintu. Kayu cocok karena tidak perlu memakai roda di bagian bawah. 

Pintu geser lipat ini memiliki beberapa kelebihan jika dipakai di rumah Anda. Antara lain, transparansi ruang bertambah, fleksibilitas ruang bertambah, tidak membutuhkan lintasan roda, mudah digerakkan, dan cocok untuk desain rumah jenis apa saja.

5. Pintu Geser Fiber Glass

???????Desain Pintu Geser untuk Rumah Minimalis
Pintu geser fiber glass, hampir sama dengan pintu geser kayu. Pintu geser jenis ini lebih cocok sebagai pintu kamar mandi, atau pintu pembatas rumah dan halaman. Hal ini dikarenakan karena pintu geser ini fleksibel dan mudah digunakan. Pintu geser fiberglass memang tergolong pintu geser jenis baru dan belum banyak digunakan dalam rumah.

Pada beberapa desain rumah, pintu geser fiber glass dilengkapi juga dengan lintasan roda untuk lebih memudahkan Anda dalam membuka dan menutup pintu. Anda harus tetap hati-hati dalam menggeser pintu fiber glass yang memiliki lintasan ini, karena beresiko railing atau roda pada lintasan aus dan menyebabkan pintu menjadi macet dan sulit dibuka.

7. Pintu Geser Gantung

Desain Pintu Geser untuk Rumah Minimalis


Desain pintu geser gantung merupakan salah satu alternatif bagi Anda yang memiliki rumah minimalis. Umumnya, pintu ini berbahan dasar kayu tipis atau kayu ukuran sedang/medium.

Mengapa dinamakan pintu geser gantung? Hal ini dikarenakan desain pintu ini yang menggantung pada rol yang diletakkan di area atas pintu. Rol yang ada di area atas pintu tersebut kemudian dihubungkan dengan lintasan agar pintu dapat digeser menutup dan membuka dengan mudah.

Menggunakan desain pintu geser gantung ini memiliki beberapa keuntungan tersendiri, antara lain, dapat digunakan baik di ruangan luas maupun sempit, cocok untuk rumah minimalis maupun yang bukan minimalis, dapat menghemat penggunaan ruang,