Minggu, 21 Januari 2018 02:30 WITA

Satu Cara Tingkatkan Nilai Jual Rumah

Editor: Andi Chaerul Fadli
Satu Cara Tingkatkan Nilai Jual Rumah
int

RAKYATKU.COM - Garasi yang harusnya hanya menjadi tempat menyimpan kendaraan, kini juga kerap dijadikan gudang dadakan. Banyak sejumlah perkakas tidak terpakai yang secara tak sadar disimpan di garasi.

Tapi, tahukah Anda bahwa kondisi garasi tersebut sangat berpengaruh ketika akan menjual rumah? Kondisi garasi bisa membuat nilai jual rumah menjadi menurun.

Dilansir Fox News yang dikutip Rumahku.com, Sabtu (20/1/2018), sebuah survei dari 500 realtor menunjukkan bahwa 82 persen responden enggan membeli rumah dengan garasi yang berantakan. Meski rumah tampak baik dan menarik, minat membeli langsung lenyap ketika melihat kondisi garasi.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan nilai jual rumah dengan garasi yang menarik, di antaranya:

1. Bersihkan Garasi
Buang sampah, kotoran, dan debu yang menempati area garasi. Misalnya koran bekas, jaring laba-laba, dan sebagainya. Sama seperti ruang lainnya di rumah, pastikan kondisi garasi selalu bersih. Bila perlu Anda bisa mengecat ulang dinding untuk tampilan baru yang lebih menawan.

2. Rapikan Garasi
Ketika garasi sudah bersih dan di cat ulang, maka sekarang waktunya merapikannya. Atur dan tata garasi serapi mungkin hingga sedap dipandang. Kelompokkan barang-barang yang masih dipakai dalam satu tempat dan di sudut tertentu. Misalnya peralatan olahraga, sparepart kendaraan, dan sebagainya.

3. Gunakan Rak Penyimpanan
Untuk menghindari garasi kembali berantakan, tak ada salahnya menempatkan rak. Dengan demikian Anda bisa menyimpan sejumlah barang berdasarkan jenisnya ke dalam rak. Hal ini juga membuat barang-barang cenderung terjaga kebersihannya. Selain itu, jangan lupa jaga selalu kebersihan dan kerapian garasi di rumah yang hendak dijual. Buat calon pembeli merasa nyaman ketika datang melihat-lihat rumah.

Tags

Berita Terkait