Senin, 22 Januari 2018 11:07 WITA

Rawat Pagar Besi dari Karat

Editor: Andi Chaerul Fadli
Rawat Pagar Besi dari Karat

RAKYATKU.COM - Besi sangat kuat, banyak variasinya, dan memberikan kesan modern. Namun, sayangnya material ini mudah berkarat.

Untuk mencegah karat, pagar besi perlu dilapisi cat anti karat yang mengandung timbal dan seng. Cat yang berfungsi sebagai pelindung utama dari air dan udara, atau mencegah korosi.

Dikutip dari Rumahku.com, perlu segera diperbaiki agar karat tak semakin parah. Berikut simak cara mengatasi pagar rumah yang berkarat.

Pagar Terkelupas
Adakalanya cat pagar terkelupas dan menyebabkan karatan. Bila ini terjadi, tutupi dengan bahan yang mencegah terpaan air. Misalnya, memakai gemuk alias minyak. Selain itu, bisa juga menggunakan oli bekas. Seperti diketahui, minyak dan air adalah dua senyawa yang tidak bisa bersatu.

Setelahnya, lapisi bagian yang terkelupas dengan plastik wrap. Balutkan plastik ke area pagar yang terkelupas sementara waktu. Ini adalah langkah darurat sebelum membeli cat anti karat. Bila cat tersebut sudah ada, segera lapisi bagian yang terkelupas, agar korosi tak semakin parah.

Kondisi Karat Sudah Parah
Bila karat yang terjadi cukup besar, banyak, atau sudah parah, maka perlu usaha perbaikan. Caranya, siapkan terlebih dahulu amplas besi, sikat kawat, cat besi, kuas, cat dasar anti karat, dan perlengkapan proteksi tubuh.

Mulailah perbaikan dengan memakai masker dan sarung tangan. Ini karena debu karat bisa berdampak negatif pada kesehatan. Lalu, bersihkan permukaan yang berkarat dan gunakan sikat kawat, agar karat memudar dan berkurang.

Hilangkan kerak karat dengan amplas besi dan gosok hingga halus. Bila sudah, gunakan cat dasar anti karat ke seluruh permukaan pagar dan biarkan mengering. Lalu lapisi dengan cat warna sesuai keinginan Anda.

Karat Sudah Menghancurkan Pagar
Bila keadaan karat sudah menghancurkan sebagian pagar, tidak ada cara perbaikan yang tepat selain mengelasnya kembali. Proses penambalan bagian besi yang keropos ini perlu bantuan dari tukang las yang ahli, agar memberikan hasil terbaik.

Bila bentuk pagar sudah baik dan kembali seperti semua, barulah dipulas kembali dengan cat besi anti karat, agar memberikan tampilan yang menarik.