Selasa, 23 Januari 2018 09:19 WITA

Merawat Balkon Rumah Biar Kian Nyaman

Editor: Andi Chaerul Fadli
Merawat Balkon Rumah Biar Kian Nyaman
ilustrasi (int)

RAKYATKU.COM - Sebagian besar desain bangunan bertingkat memiliki balkon. Balkon yang difungsikan untuk memperindah arsitektur bangunan dan sering dimanfaatkan untuk waktu bersantai. 

Balkon memang menjadi daya tarik tersendiri. Namun, karena letaknya di luar ruangan balkon cenderung mudah kotor, berdebu, dan kurang terawat. Bahkan lupa dibersihkan.

Kondisi semacam itu membuat balkon kurang nyaman dan tak menarik lagi. Untuk itu, penting memberikan perhatian pada balkon, seperti dikutip dari Rumahku.com, Selasa (23/1/2018).

Bila masih bingung bagaimana merawat balkon, Anda bisa mencoba beberapa langkah berikut ini;

Rutin Bersihkan
Bila ingin balkon tampil menarik dan menjadi lokasi bersantai yang menarik, maka jagalah kebersihan balkon. Balkon yang bersih juga bisa membuat seseorang betah berlama-lama.

Kebersihan di sini berlaku menyeluruh, bukan hanya pada lantai dan dinding dekat balkon. Tapi juga furnitur dan beragam benda yang diletakkan di balkon. 

Ganti Furnitur
Anda bisa meletakkan beberapa benda seperti meja dan kursi. Namun, bila sudah ada furnitur sebelumnya, tak ada salahnya mengganti dengan yang lebih baru dan mampu menyegarkan suasana.

Mengganti furnitur tidak harus mahal. Anda bisa menggunakan barang-barang bekas untuk diubah fungsi dan tampilannya jadi lebih menarik. 

Jadikan Area Hijau
Anda bisa mencoba ide menjadikan balkon sebagai area hijau. Misalnya tanam beberapa tanaman dalm pot atau tanaman rambat di balkon. Desain sedemikian rupa agar tampak asri, menyegarkan, dan indah. Selain memberikan kenyamanan, menjadikan balkon area hijau juga memberikan manfaat kesehatan dan membuat rumah lebih teduh.