Jumat, 26 Januari 2018 10:33 WITA

Cara Membersihkan Keset Kamar Mandi Berdasarkan Bahannya

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Cara Membersihkan Keset Kamar Mandi Berdasarkan Bahannya

RAKYATKU.COM - Keset kamar mandi perlu dibersihkan secara rutin. Mengingat karena sifatnya yang menyerap air dan mungkin tidak mengering sepenuhnya, dapat membuatnya berjamur. 

Karena keset saat ini semakin bervariasi dengan bahan yang berbeda-beda, maka membersihkannya pun dengan cara yang berbeda. Berikut cara membersihkan keset kamar mandi berdasarkan bahannya, yang dirangkum dari Kompas:

1. Keset Kain 
Keset jenis ini merupakan yang paling mudah dibersihkan. Karena Anda bisa langsung memasukkannya ke mesin cuci layaknya handuk. 

Jalankan mesin pada pengaturan air panas, lalu tambahkan pemutih atau deterjen biasa Anda.

Cuka juga bekerja sebagai alternatif pemutih. Meski metode ini bekerja efektif pada kebanyakan keset, tetapi Anda harus selalu memeriksa tag pembersihannya. Setelah dicuci, bersihkan keset kain di pengering.

2. Keset Karet
Membersihkan keset yang terbuat dari karet, Anda bisa menggosok bagian depan dan belakang keset dengan tangan. Gunakan sedikit pemutih atau cuka sambil terus menggosok.

Saat menggosok, berikan perhatian ekstra pada bagian karet karena bagian tersebut adalah tempat pertumbuhan sempurna bagi jamur.

Keringkan karpet karet Anda dengan menggantungnya di jemuran, rak pengeringan atau lokasi lain yang akan membiarkan keset menerima banyak udara dari semua sisi.

3. Keset Kayu
Membersihkan keset yang terbuat dari kayu juga sangat lah mudah, cukup gosok dengan spons menggunakan sabun dan air. Kemudian gunakan kain untuk mengeringkan seluruh permukaan.