Minggu, 28 Januari 2018 07:30 WITA

Buat Karyawan Lebih Produktif Lewat Desain Kantor

Editor: Andi Chaerul Fadli
Buat Karyawan Lebih Produktif Lewat Desain Kantor

RAKYATKU.COM - Gallup sempat mengeluarkan sebuah studi yang mengatakan bahwa hanya 13 persen karyawan yang memiliki komitmen untuk perusahaan. Artinya, 87 persen karyawan merasa kurang nyaman.

Dikutip dari Rumahku.com, Sabtu (28/1/2018), ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi hal tersebut. Misalnya, sikap atasan yang buruk hingga management yang kurang baik. Namun, berdasarkan beberapa laporan, ternyata desain kantor juga bisa memengaruhi produktivitas karyawan.

Secara psikologis, apa yang dilihat serta lingkungan di sekitar akan turut membentuk mental dan produktivitas seseorang. Jika sebuah kantor memiliki desain yang nyaman misalnya, maka otak pun jadi lebih segar. Bahkan dapat membuat karyawan betah berlama-lama di kantor tanpa diminta.

Jika ingin membuat kantor jadi lebih nyaman, maka menggunakan kombinasi warna terang bisa menjadi solusi yang tepat, asalkan sesuai dengan proporsinya sehingga tidak bertabrakan.

Umumnya, kantor-kantor startup juga memiliki berbagai mainan sederhana demi membuat rileks karyawan yang tengah pusing dikejar deadline. Tenang saja, keberadaan mainan tidak akan membuat karyawan malas bekerja, tapi hal itu justru membuat suasana hati mereka lebih gembira, atau malah akan banyak karyawan yang semangat menyelesaikan pekerjaan demi memiliki waktu untuk bermain.

Jangan lupa akan keberadaan kursi dan meja yang nyaman, karena sebagian besar waktu pekerja kantoran dihabiskan untuk duduk memandang layar komputer/laptop. Selain kenyamanan, desain yang unik juga bisa meningkatkan daya tarik ruang kantor.