Senin, 29 Januari 2018 08:34 WITA

Buat Rumah Tetap Nyaman Saat Musim Hujan

Editor: Andi Chaerul Fadli
Buat Rumah Tetap Nyaman Saat Musim Hujan

RAKYATKU.COM - Musim hujan umumnya membuat orang cenderung lebih lama berada di rumah. Waktu yang biasanya digunakan untuk bersantai atau melakukan kegiatan lainnya. 

Namun menunggu hujan reda terkadang cukup membosankan. Apalagi bila rumah terasa kurang nyaman. Misalnya dari kondisi udara yang lembab, hingga tak tahu harus melakukan apa di rumah.

Jika Anda mengalami hal serupa, kenapa tak mencoba jadikan rumah lebih nyaman di musim hujan? Ada beberapa cara yang dikutip dari Rumahku.com, yang bisa dilakukan untuk hal ini. Beberapa di antaranya adalah:

1. Ubah Letak Perabotan di Kamar
Musim hujan yang sering terasa dingin dengan cuaca mendung akan membuat penghuni rumah senang bermalas-malasan. Untuk mengoptimalkan waktu ini, Anda bisa sedikit mengubah suasana kamar.

Misalnya membuatnya lebih nyaman dan menyenangkan dengan memindahkan kasur ke dekat jendela. Selain itu, simpan sejumlah pernak-pernik yang mengganggu, agar ruangan kamar terasa luas dan rapi.

2. Tetap Terang
Saat hujan turun, kondisi cuaca cenderung gelap dan tampak suram. Untuk itu, pastikan di dalam rumah tetap terang dan nyaman ditinggali. Yakni dengan mengoptimalkan pencahayaan.
Misalnya khusus di musim hujan, Anda bisa mengganti bohlam lampu dengan tipe warm white yang memberikan pencahayaan baik dan nyaman di mata. Selain itu, jangan lupa sediakan lilin, untuk berjaga-jaga saat terjadi pemadaman listrik.

3. Cegah Kelembaban
Hujan yang turun cenderung membuat penghuni lebih sering menutup pintu dan jendela. Tapi, ketika hujan telah reda, sebaiknya segera buka pintu dan jendela. Alasannya agar udara segar masuk ke dalam rumah. 

Selain itu, ini untuk menghindari kondisi lembab dan pengap di dalam rumah. Sebaiknya Anda juga tidak menyimpan tanaman hidup di dalam rumah saat musim hujan karena bisa membuat udara di dalam rumah bisa semakin lembab. Seperti di ketahui kondisi rumah lembab kurang baik untuk kesehatan.