Selasa, 30 Januari 2018 09:10 WITA

Pintu Utama Bisa Didekorasi, Perhatikan Hal Ini

Editor: Andi Chaerul Fadli
Pintu Utama Bisa Didekorasi, Perhatikan Hal Ini

RAKYATKU.COM - Pintu merupakan salah satu elemen bangunan yang seringkali terabaikan nilai estetikanya. Karena kebanyakan orang lebih mengutamakan fungsi keamanan dan privasi ketimbang keindahan pada pintu.

Sejatinya, pintu utama memiliki potensi untuk diberikan unsur dekoratif agar bangunan terlihat lebih menarik. Di antaranya adalah dengan meletakkan beberapa dekorasi, mengganti warna cat, atau mengganti bagian pintu yang sudah rusak.

Dikutip dari Rumahku.com, berikut ini adalah beberapa tips mendekorasi pintu utama;

Pemilihan Warna Dekorasi atau Cat yang Tepat
Sebenarnya Anda pun bisa menggunakan warna cat yang cerah untuk pintu, hanya saja cara ini masih jarang diterapkan sehingga akan terlihat mencolok dan aneh.

Jika Anda masih belum terbiasa menggunakan warna mencolok namun menginginkan warna yang tidak umum, cobalah menggunakan warna kuning tua yang masih berkesan tradisional dan netral. Jika Anda berani menggunakan warna mencolok, ungu atau merah muda bisa menjadi pilihan warna pintu. Jangan lupa sesuaikan warna pintu dengan desain warna rumah Anda agar terlihat harmonis.

Ganti Bagian Pintu yang Rusak
Bagian pintu yang rusak tentu akan mengganggu kenyamanan pengguna pintu serta merusak penampilan pintu itu sendiri. Bagian-bagian pintu yang mudah rusak antara lain pegangan pintu, lubang kunci yang macet, ketukan yang berkarat, atau bel yang sudah tidak berfungsi.

Gantilah bagian pintu yang rusak tadi dengan bagian pintu baru dengan desain yang menarik dan memiliki kualitas yang baik. Bagian pintu yang terbuat dari nikel cocok dengan segala macam warna dan gaya pintu, sehingga di saat ingin mengganti warna pintu Anda tidak perlu membeli lagi bagian pintu lainnya.

Menambahkan Aksesoris

Aksesoris pada pintu bersifat opsional atau hanya sekedar tambahan. Aksesoris pintu sebaiknya digunakan secara temporer dan sederhana agar tidak merusak tampilan pintu. Misalnya menggunakan karangan bunga bulat (wreath) yang digunakan pada saat hari raya tertentu. Tidak suka karangan bunga? Gunakan saja lampu-lampu kecil atau welcome sign berukuran kecil.