Sabtu, 03 Februari 2018 15:54 WITA

Tips Menyesuaikan Aksen Kayu di Dalam Rumah

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Tips Menyesuaikan Aksen Kayu di Dalam Rumah

RAKYATKU.COM - Penggunaan kayu sebagai bahan pokok desain interior rumah bukanlah hal baru. Penggunaan kayu akan menambahkan sentuhan alami dan hangat di dalam rumah, baik itu bergaya tradisional, casual, chic, country atau modern.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, agar penggunaan kayu ini menambah keindahan rumah. The Hindu menuliskan, untuk desain interior pilihlah yang paling sesuai dengan gaya hidup dan dekorasi rumah Anda. Jangan lupa untuk memastikan kayu yang digunakan merupakan kayu yang kuat dan tahan lama.

Hal yang perlu diperhatikan pertama kali adalah warna kayu. Pada aturan dasar warna kayu, kayu dengan warna yang lebih terang, akan menciptakan nuansa luas paa ruangan, sementara kayu yang lebih gelap akan memberi nuansa sempit.

Sehingga jika Anda menggunakan kayu gelap dengan perabotan yang didominasi warna gelap maka akan membuat ruangan Anda tampak sempit dan pengap. Usahakan menggunakan mix untuk menciptakan berbagai macam interest point. 

Selain itu, perhatikan pula kontras ruangan. Seperti, kayu dengan warna yang lebih terang, cocok digunakan sebagai lantai, pada ruangan yang dinding dan perabotannya memiliki warna gelap.

Perlu diingat adalah, warna, tekstur, kualitas, kekuatan dan keindahan furnitur bergantung pada jenis kayu yang digunakan. Sehingga kayu keras lebih disukai karena memiliki daya tahan lebih lama. Adapun kayu yang cocok untuk perabotan yang tetap disimpan adalah mahoni, jati , kenari dan rosewood.