Sabtu, 03 Februari 2018 15:55 WITA

Alasan Menjijikkan Kenapa AC Berbau Busuk

Editor: Suriawati
Alasan Menjijikkan Kenapa AC Berbau Busuk
Foto: Shutterstock via Daily Mail

RAKYATKU.COM - Apakah Anda sering mengeluhkan bau pendingin ruangan (AC) tidak nyaman dihidung? Ternyata, ada alasan menjijikkan mengapa hal itu bisa terjadi.

Menurut penelitian di Hong Kong, bau busuk tersebut disebabkan oleh sel kulit mati dari tubuh kita yang terjebak dalam unit. Ini kemudian menghasilkan ammonium murni, zat kimia bau yang membentuk urea, bahan utama dalam urin.

Studi ini dipimpin oleh Dr Lai Ka-man, seorang profesor di Hong Kong Baptist University. Dalam penelitiannya, Dr Lai dan timnya memeriksa tujuh spesies bakteri dan empat spesies jamur yang biasa ditemukan di unit pendingin udara.

Mereka menemukan bahwa 'squames kulit', sel kulit mati yang telah terkelupas dari permukaan, merupakan sumber makanan bagi bakteri yang hidup di unit AC.

Untuk pengendalian bau jangka panjang yang efektif, Dr Lai mengatakan bahwa cara terbaiknya dengan mengurangi jumlah squames kulit yang memasuki unit pendingin udara. 

"Cara termudah adalah memasang filter yang sesuai untuk menangkap squames kulit di udara. "

"Filter yang dapat menangkap partikel secara efektif kurang dari 0,001 sentimeter seharusnya membantu memperbaiki masalah bau."

Penelitian ini dipublikasikan di International Journal of Indoor Environment and Health.