Minggu, 11 Februari 2018 08:00 WITA

Jangan Salah Beli Wallpaper, Perhatikan 3 Hal Ini

Editor: Andi Chaerul Fadli
Jangan Salah Beli Wallpaper, Perhatikan 3 Hal Ini

RAKYATKU.COM - Wallpaper merupakan salah satu aksesoris untuk mempercantik dinding ruangan. Selain sederhana, wallpaper juga memiliki banyak pilihan motif serta warna. 

Motif dan warna yang disediakan bisa disesuaikan dengan keinginan kita.

Meski demikian, perlu jeli memilih agar tak salah beli. Jangan sampai rumah jadi tampak sempit karena salah pilih wallpaper. Dikutip dari Rumahku.com, Sabtu (10/2/2018), berikut tiga hal yang perlu dipahami sebelum memilih wallpaper;

Sesuaikan dengan Gaya Interior
Pada sejumlah tips, dianjurkan untuk memilih wallpaper atau mengecat dinding setelah menentukan gaya interior serta mengatur perabotan. Alasannya agar tema atau motif dari wallpaper serasi dan sedap dipandang.

Jika rumah bergaya klasik, bisa mencoba motif bunga-bunga kecil atau yang berkesan klasik. Untuk rumah modern dan minimalis pilih saja motif geometris sederhana.

Bila gaya interior cenderung eklektik, Anda bisa mencoba menabrakkan motif wallpaper dengan konsep. Misalnya wallpaper untuk rumah gaya klasik diterapkan di rumah industrial modern atau yang bergaya modern minimalis.Hasilnya akan menambah estetika dari suatu ruangan. 

Memilih Ukuran Motif yang Tepat
Ukuran motif berpengaruh besar pada kesan sebuah ruangan. Misalnya ruangan tampak lebih luas atau lebih sempit. Begitu juga dengan warna yang digunakan.

Jika rumah berukuran kecil sangat baik menggunakan motif wallpaper berukuran kecil. Ini akan membuat ruangan tampak lebih lebar. Jika ingin hasil optimal gunakan warna wallpaper yang terang. Bila memilih gelap, ada kecenderungan membuat ruangan lebih sempit.

Berlaku juga sebaliknya. Pada wallpaper bermotif besar, seperti bunga berukuran sekitar 30 cm, lebih baik digunakan pada ruangan yang luas. Jika tidak tentu akan memberikan kesan sempit. 

Tapi, jika Anda menghendaki kesan intim, tak ada salahnya menerapkan motif lebar dan besar dalam ruangan. Meski terasa sempit, motif besar memberikan daya tarik tersendiri untuk ruangan pribadi.

Menentukan Pola yang Sesuai
Pola Geometris
Pola ini memberikan efek tersendiri yang unik dan menarik pada suatu ruangan. Jika pola kotak-kotak atau jaring berukuran besar mampu membuat ruangan tampak khas. Sedangkan pola yang berukuran kecil menjadikan ruangan lebih menenangkan.

Jika motifnya garis-garis yang tersusun horizontal membuat ruangan terasa lebih lebar. Sedangkan motif yang tersusun vertikal menjadikan ruang lebih tinggi.

Sebaiknya hindari memilih pola wallpaper yang membentuk garis diagonal atau dipasang miring. Alasannya bisa menimbulkan efek pusing bagi siapapun yang melihatnya kecuali Anda menghendaki hal tertentu untuk menambah nilai artistik suatu ruangan. 

Pola Metalik
Pola ini bisa memberikan kilauan yang cantik pada suatu ruangan. Ketika lampu dinyalakan atau diterpa cahaya, wallpaper akan memantulkan kilauan, sehingga membuat ruangan jadi lebih terang. Selain itu juga ada efek dramatis dan seksi.

Pola Bertekstur
Tekstur pada wallpaper memiliki karakter kuat dan membuat ruangan tampak kokoh. Penerapannya juga memberikan efek bayangan cahaya. Sangat cocok bila Anda menghendaki kesan mewah, elegan nan alami dalam sebuah ruangan.