Minggu, 11 Februari 2018 09:20 WITA

Tips Cerdas untuk Membuat Rumah Anda Bebas Debu

Editor: Suriawati
Tips Cerdas untuk Membuat Rumah Anda Bebas Debu
INT

RAKYATKU.COM - Rumah adalah tempat di mana kita bisa menemukan rasa aman dan nyaman. Untuk itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan rumah, terutama dari debu.

Debu sebenarnya terbuat dari serbuk sari, kotoran, rambut manusia, serat kain, abu kayu, bahan kimia dan sel kulit mati manusia. Partikel kecil ini menetap di permukaan dan menumpuk jika tidak diurus.

Meskipun debu tidak membahayakan benda-benda yang mereka hinggapi, partikel debu kecil tidak sehat bagi orang-orang yang tinggal di rumah tersebut. Tapi, mengatasi ini termasuk sesuatu yang sulit, karena debu akan muncul kembali meskipun Anda rutin melakukan bersih-bersih.

Lantas, bagaimana cara menjaga agar rumah bebas debu? Berikut tipsnya:

1. Hindari karpet
Karpet adalah gudang utama partikel debu, bahkan jika Anda menyedot debu setiap hari, itu tidak akan hilang seutuhnya. Melepaskan akar penyebab pasti akan menjadi pilihan yang bijak. Anda bisa menggantinya dengan vinyl.

2. Pastikan jendela tertutup
Jika Anda tinggal di rumah yang menghadap ke jalan, Anda harus memastikan jendela Anda tetap tertutup, terutama pada jam-jam sibuk. Sebagai gantinya, buka pada saat pagi-pagi atau larut malam untuk mendapatkan udara segar di dalam rumah.

3. Bersihkan filter udara AC
Meski udara yang berasal dari AC disaring, mereka tidak bekerja dengan baik jika ada penumpukan debu yang besar di saringan. Oleh karena itu, membersihkan saringan AC Anda secara teratur akan memastikan kualitas udara yang baik.

4. Rajin mengepel
Debu akan hilang jika Anda rutin mengepel. Di sisi lain, Anda akan memiliki rumah yang bersih dan cling.

5. Memasang pelembab
Ini sangat penting bagi orang-orang yang tinggal di daerah yang lebih kering. Lingkungan kering mudah menarik debu dan kotoran. Memasang pelembab akan mengurangi jumlah debu yang beterbangan ke rumah.

6. Pilihan furnitur
Furnitur seperti linen, satin dan bahkan beludru terkenal mudah menarik debu. Usahakan untuk mengenalkan barang dari kayu dan kulit untuk mengurangi jumlah akumulasi debu di dalam rumah.

7. Batasi alas kaki di luar
Alas kaki Anda adalah pembawa kotoran dan debu dari luar. Usahakan membatasi penggunaannya hingga di luar rumah, dan buat rak terpisah di luar.