Senin, 12 Februari 2018 09:47 WITA

Cara Bersihkan Alat Rumah Tangga Dengan Saus Tomat

Editor: Suriawati
Cara Bersihkan Alat Rumah Tangga Dengan Saus Tomat
INT

RAKYATKU.COM - Tahukah Anda bahwa sambal tomat tidak hanya berguna sebagai pelengkap makanan, tapi juga sebagai agen pembersih?

Yah, tomat secara alami bersifat asam. Keasamannya bahkan lebih tinggi jika tomat telah diolah dalam bentuk sambal. Berikut beberapa metode untuk menggunakan bahan ini untuk bersih-bersih di rumah:

1. Tembaga
Bahan tembaga banyak digunakan dalam peralatan masak. Anda bisa membersihkannya dengan mengoleskan sambal tomat ke bagian yang kotor dan biarkan selama sekitar 15 sampai 20 menit, lalu gosok dan bilas. 

2. Kuningan
Kuningan digunakan pada furnitur, misalnya gagang pintu, dan bahkan peralatan masak. Bahan ini biasanya mudah berubah warna. Nah, sifat asam sambal tomat akan membantu Anda mengatasi masalah ini. Caranya tuangkan sambal ke kuningan dan biarkan selama beberapa saat, sebelum dilap dengan kain lembut, dan bilas sampai bersih.

3. Perak
Saat bersentuhan dengan udara, perak bisa berubah menjadi kusam. Anda bisa mengembalikan kilaunya dengan merendam benda tersebut dalam semangkuk saus tomat selama 5 sampai 10 menit. Jika benda itu memiliki banyak detail, gunakan sikat gigi tua untuk menggosoknya. Terakhir, celupkan perak ke dalam semangkuk air hangat lalu keringkan.

4. Panci hangus
Makanan hangus bisa merusak peralatan Anda sampai batas yang tak terbayangkan. Untuk menyingkirkan kekacauan itu, tuangkan saus tomat ke dalam panci. Biarkan semalaman tanpa memasak. Asam asetat akan menghilangkan semua karbon, dan panci Anda bebas dari makanan hangus yang melengket.
 
5. Mobil
Saus tomat bisa membuat mobil Anda jadi lebih cling. Caranya, pertama-tama Anda harus mencuci mobil dengan sabun dan air dengan cara biasa. Kemudian, gunakan kain lembut untuk menggosokkan saus tomat dan cuci bersih dengan air biasa. 

6. Karat
Saus tomat bisa menghilangkan karat pada logam. Caranya gosok ke alat yang berkarat dan biarkan selama beberapa saat setelah itu cuci dan keringkan.