Jumat, 16 Februari 2018 18:00 WITA

Rumah Murah Untuk Milenial, Balithai Land Bukit Baruga Jadi Pilihan

Penulis: Nurhikmah
Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Rumah Murah Untuk Milenial,  Balithai Land Bukit Baruga Jadi Pilihan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Banyak pihak beranggapan bahwa generasi milenial bakal sulit mendapatkan rumah. 

Bahkan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution meramalkan, generasi milenial akan semakin kesulitan membeli rumah untuk masa depannya nanti. Hal tersebut sangat mungkin terjadi akibat pertumbuhan gaji atau pendapatan yang lebih lambat dibandingkan kenaikan harga perumahan.

"Generasi milenium tidak bisa membeli atau mencicil rumah di dalam kota. Karena pendapatannya dalam 4-5 tahun bekerja hanya naik 10 persen. Tidak sebanding dengan kenaikan harga tanah yang bisa mencapai 15-20 persen,” kata Darmin di kantornya Februari lalu.

Sementara itu, Lembaga konsultan properti, Jones Lang Lasalle (JLL), menilai generasi milenial harus pandai dalam mencari produk hunian properti yang sesuai dengan kondisi keuangan. Jika tidak, maka penghasilan yang diperoleh tidak akan mencukupi untuk membeli hunian milik pribadi.

"Pasti ada, out there, apakah hunian yang harganya Rp350 juta atau Rp400-an juta," tutur Head of Advisory JLL Vivin Harsanto

Angka yang disebutkan Vivin tersebut sangat sesuai dengan harga yang ditawarkan Bukit Baruga untuk cluster menengah kebawahnya, yaitu Balithai Land. Dimana, rumah di Cluster ini hanya dijual diangka Rp440 juta. Bahkan dalam beberapa event open house bukit baruga juga memberikan potongan harga hingga Rp20 jutaan.

loading...

Vivin menyarankan, kaum milenial jangan terlalu mencari lokasi yang agresif, seperti di pusat kota. Pasalnya, harga hunian di pusat kota sudah pasti akan jauh lebih mahal dibandingkan di pinggiran. Lokasi Balithai Land boleh dibilang tidak begitu dekat dengan pusat kota. Namun, untuk fasilitas yang berada di bagian utara Kota Makassar, lokasinya cukup strategis.

Sementara itu, General Manajer PT BAD, Hasnah Rajman mengungkapkan, letak selain menawarkan harga yang dapat dijangkau oleh generasi milenial, letak hunian yang ditawarkan tersebut juga sangat strategis.

"Lokasinya dekat dengan wahana liburan terbesar di Indonesia timur, Bugis Water Park, dekat dengan bandara dan beberapa kawasan pengembangan," ungkapnya kepd Rakyatku.com, Jumat (16/2/2018).

Selain kendala harga, generasi milenial biasanya tak lepas dari peran orang tua yang membantu dalam pembayaran uang muka (DP). Untuk itu, bukit baruga menawarkan program DP ringan hingga hanya 5 persen. Bahkan, nilai tersebut masih bisa dicicil hingga 6 kali. Artinya dengan hanya membayar Rp3,6 juta, generasi milenial sudah bisa memiliki rumah di kawasan elite bukit baruga.

Loading...
Loading...