Minggu, 18 Februari 2018 08:00 WITA

Manfaatkan Halaman Rumah dengan Cara Kreatif Ini

Editor: Andi Chaerul Fadli
Manfaatkan Halaman Rumah dengan Cara Kreatif Ini

RAKYATKU.COM - Sebuah rumah tampak kurang lengkap jika belum memiliki ruang relaksasi. Apalagi jika penghuni rumah menyukai kehidupan alam di luar ruangan.

Hanya saja, perkembangan desain eksterior layaknya teras ataupun taman di halaman rumah tidak seramai tren arsitektur ataupun interior ruang. Sehingga, kebanyakan orang cuma memiliki teras tanpa adanya perhatian lebih dalam mengenai desain teras yang baik.

Dikutip dari Rumahku.com, Sabtu (17/2/2018), kini tak perlu khawatir jika Anda termasuk salah satu orang yang ingin memanfaatkan lahan outdoor. Berikut beberapa ide yang mungkin bisa menjadi referensi Anda;

Gunakan Sebagai Dapur
Dengan menempatkan dapur di halaman, kegiatan garden party atau pesta barbeque pun terasa lebih menyenangkan. 

Anda hanya perlu mempersiapkan panggangan kecil, peralatan masak dengan kitchen kabinet sederhana di bawah tempat mencuci. Serta, jangan lupa, keluarkan kulkas kecil tempat minuman dingin sebagai teman makan yang asik.

Maksimalkan Gorden
Anda suka menghabiskan waktu di pagi hari dengan membaca koran dan ditemani secangkir kopi hangat? Jika ya, konsep ini akan sangat cocok dengan Anda. 

Hanya dengan menggantungkan gorden/tirai pada paralon besi di salah satu dinding luar ruangan, Anda telah sukses membuat ruang santai jadi lebih menyenangkan.

Manfaatkan Air
Dengan menumpahkan air di kolam rumah dan menempatkan ikan di dalamnya, Anda bisa memberi kesan segar dan alami di lingkungan rumah.

Pembuatan kolam bisa dimulai dengan memikirkan drainase (aliran air) layaknya sungai yang mengalir. Ide lainnya, Anda juga bisa menyuguhkan air mancur, menambahkan taman bunga disekitar kolam, atau memakai bambu sebagai penampung air yang mengalir sehingga memberikan kesan vintage.

Taman Vertikal
Memasuki awal tahun 2010, konsep taman vertikal mulai populer dan banyak digunakan untuk menghias rumah, apartemen bahkan hotel-hotel komersil. Lantas kenapa tidak dicoba untuk menghias lahan outdoor Anda?