Minggu, 18 Februari 2018 09:53 WITA

Gedung Kayu Tertinggi di Dunia Akan Dibangun di Tokyo

Editor: Suriawati
Gedung Kayu Tertinggi di Dunia Akan Dibangun di Tokyo
Foto: Nikken Sekkei

RAKYATKU.COM - Arsitek Jepang mengumumkan rencana untuk membangun gedung pencakar langit yang terbuat kayu tertinggi di dunia. Gedung setinggi 350 meter itu akan menjadi pusat perkantoran, perumahan, dan hotel.

Sang arsitek, Nikken Sekkei mengatakan bahwa gedung tersebut akan diposisikan di pusat kota Tokyo, dan bertujuan untuk mengubah ibukota Jepang menjadi kota yang ramah lingkungan dan membantu "mengubah kota menjadi hutan".

Proyek tersebut dinamai w350 Project, dan akan dibangun oleh kelompok Kehutanan dari Sumitomo Group, salah satu konglomerat bisnis terbesar di Jepang. Ini diperkirakan akan menelan biaya 4,2 miliar dolar AS atau sekitar Rp56,7 triliun.

Gedung ini memiliki 70 lantai di atas permukaan tanah dan terbuat dari kombinasi kayu (90 %) dan baja. Nikken Sekkei mengatakan bahwa struktur bangunan akan tahan lama, serta mampu menahan angin kencang, dan gempa yang sering terjadi di Jepang.

Gedung Kayu Tertinggi di Dunia Akan Dibangun di TokyoSeperti halnya perkantoran, hotel, pertokoan dan unit perumahan lainnya, gedung ini akan memiliki taman atap, balkon tertutup tanaman hijau, fitur air dan ruang terbuka internal yang besar yang dipenuhi cahaya alami. 

Saat ini, Brock Commons Tallwood House, di Kanada memegang rekor sebagai bangunan kayu tertinggi di dunia, dengan ketinggian 53 meter.