Selasa, 27 Februari 2018 14:29 WITA

Cara Ciptakan Titik Fokus di Dalam Ruangan

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Cara Ciptakan Titik Fokus di Dalam Ruangan
Sumber: int.

RAKYATKU.COM - Titik fokus adalah tempat atau hal pertama yang dilihat penghuni atau tamu saat mereka memasuki ruangan. Untuk itu, penting untuk memastikan bahwa pemilihan tempat untuk titik fokus ini sudah tepat dengan daya tarik yang memikat mata.

Ketika rumah memiliki titik fokus built-in, maka itu akan menjadi fitur sorot terbaik. Sehingga anda hanya perlu menunjangnya dengan desain yang membuatnya semakin menarik untuk menjadi sorot utama. Hal ini juga membuat lebih mudah untuk memutuskan bagaimana untuk lay out ruangan. 

Seperti yang dilansir dari Kompas, salah satu titik fokus yang utama dalam sebuah rumah, biasanya adalah jendela dan pemandangan luar ruangan, terutama yang eye-catching. Terlepas dari apa yang ada di dalam ruangan, mata secara alami berwisata ke sana. Jika Anda cukup beruntung untuk memiliki jenis tampilan ini, yang perlu dilakukan adalah memasang jendela-jendela besar.

Jika tidak ada fitur built-in, maka Anda bisa membuat daya tarik tersendiri untuk menjadi fokus pandangan mata. Misalnya, dinding aksen selalu menjadi pilihan populer untuk titik fokal.

Pastikan menggunakan warna cat yang berani atau wallpaper bermotif untuk menarik perhatian. Selain itu, karya seni tentunya akan menarik perhatian. Dalam kasus ini, Anda pastikan memilih potongan yang cukup besar agar sesuai dengan dinding tempat itu diletakkan. Ini harus ditempatkan pada tingkat mata dan, bila memungkinkan.

Disamping itu, Anda juga harus menambahkan pencahayaan aksen untuk menyorot karya seni atau cermin lebih jauh. Kemudian untuk dapur dan kamar mandi, cenderung memiliki standar sendiri untuk titik fokus. Biasanya, sebuah keramik yang ditempatkan di dinding kamar mandi atau di belakang kompor adalah pilihan terbaik. Sekali lagi, pastikan itu termasuk warna atau pola yang berani. 

Adapun sebuah perabot besar juga bisa menjadi titik fokus yang bagus di dalam ruangan. Perabot ini biasanya ditempatkan di ruang makan dan kamar tidur dan digunakan sebagai perabot utamaa. Di sini, Anda juga bisa menambahkan aksen seperti untuk meja atau beberapa bantal di tempat tidur untuk membantu menarik mata.