Sabtu, 03 Maret 2018 17:04 WITA

Jangan Abaikan, Talenan Kayu Perlu Dirawat

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Jangan Abaikan, Talenan Kayu Perlu Dirawat

RAKYATKU.COM - Salah satu alat masak dapur yang sering digunakan adalah talenan kayu. Namun, saat ini talenan juga biasa digunakan sebagai hiasan dekoratif. Meskipun terlihat sepele, namun talenan kayu juga harus dirawat agar awet dan tidak menjadi sarang bakteri.

Berikut sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat papan talenan di rumah, yang rangkum dari Kompas:

1. Usahakan tetap kering 
Membersihkan talenan kayu setiap kali Anda menggunakannya dengan menggunakan terlalu banyak air adalah hal yang buruk.  Jika digunakan untuk memotong benda yang kering sebaiknya dibersihkan dengan cara disikat tanpa menggunakan air.

Disamping itu, jika Anda telah membersihkannya dengan menggunakan air, maka pastikan talenan kering sempurna baru menyimpannya, untuk menghindari lembab pada kayu talenan.

2. Gunakan minyak 
Meminyaki kayu merupakan tugas yang perlu Anda lakukan. Cara ini akan menjaga papan talenan dari warping atau retak, karena kayu mengkerut dan memuai seperti saat terkena uap air. Anda direkomendasikan untuk menerapkan minyak mineral makanan yang aman setiap kali papan sangat kering. 

3. Mengampelas 
Kayu solid cukup ajaib karena dapat selalu diampelas, jadi memotong dan bahkan menghilangkan jamur dapat dilakukan oleh Anda di rumah dengan mengamplasnya. Tetapi amplas yang digunakan haruslah sangat halus, seperti 220 grit, untuk menghindari serpihan yang bisa mencemari makanan. 

4. Menggantinya
Jika papan Anda memiliki celah, fungsinya sudah hilang karena dapat menjadi sarang bagi bakteri dan jamur. Menggantinya merupakan jalan terbaik dan pastikan untuk merawat talenan baru lebih baik.